Scroll to Top

Malware Kembali Ditemukan Di Google Play Store

By Ditya / Published on Wednesday, 11 Jul 2012

Android Malware

Malware Android kembali ditemukan di toko aplikasi resmi Android, Google Play. Penemuan malware ini membuktikan bahwa kemampuan Google Play dalam memindai malware masih terbatas.

Pengguna smartphone atau tablet berbasis Android sebaiknya lebih berhati-hati sebelum menginstall game atau aplikasi dari toko aplikasi resmi Android atau Google Play sekalipun.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica hari ini (11/07/2012) Sebuah malware berjenis trojan yang dideteksi perusahaan keamanan sebagai Android.Dropdialer ditemukan ‘berkeliaran’ di toko aplikasi resmi Google Play.

Seorang peneliti dari perusahaan keamanan Symantec, Irfan Asrar, mengatakan bahwa trojan Android.Dropdialer ini cukup berbahaya dan merugikan pengguna, trojan ini memaksa ponsel untuk melakukan panggilan ke nomor premium sehingga tingkah trojan ini akan menyedot pulsa pengguna.

Irfan Asrar juga menambahkan bahwa pihaknya telah menemukan setidaknya 2 trojan yang dikemas dalam 2 judul game yaitu “Super Mario Bros” dan “GTA 3 Moscow City”.

Kedua trojan yang dikemas menjadi dua judul game menarik ini tersedia di Google Play dan telah didownload hingga lebih dari 100.000 download.

“Apa yang paling menarik dari trojan ini adalah fakat bahwa ancaman ini telah berhasil lolos dan berada di Google Play dalam waktu yang lama hingga mencapai jumlah download yang cukup banyak. Kecurigaan kami adalah trojan ini dikendalikan dari jauh oleh seseorang,” kata Irfan Asrar, peneliti dari perusahaan keamanan Symantec.

Sebenarnya Google juga telah mempersenjatai tokonya dengan meluncurkan pendetekasi malware berbasis cloud yang mengusung naman “Bouncer” yang diluncurkan pada bulan Februari.

Kehadiran Bouncer ini sangat bermanfaat untuk menyaring malware agar tidak masuk ke Google Play, namun tampaknya Bouncer masih harus ditambah kemampuannya karena masih banyak malware yang lolos dan masuk ke Google Play.

Bagi Anda pengguna smartphone atau tablet Android sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati saat menginstall game dari manapun juga termasuk google Play, pastikan aplikasi yang Anda install terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda