Scroll to Top

RIM Jual Jet Perusahaan untuk Tutupi Kerugian

By Baihaki / Published on Wednesday, 11 Jul 2012

Apakah Anda tertarik untuk membeli sebuah pesawat jet? Jika iya, maka mungkin Anda tertarik dengan pesawat jet bekas yang dimiliki oleh Research in Motion (RIM). Dan, untuk membeli satu unit pesawat jet RIM tersebut, Anda harus rela mengeluarkan uang sebesar $6 juta USD. Kalau dirupiahkan, jet tersebut bernilai sekitar 5.4 miliar rupiah.

Dikutip dari BGR, langkah penjualan pesawat jet milik aset perusahaan tersebut adalah salah satu langkah efisiensi yang dilakukan oleh RIM. Langkah lainnya antara lain adalah dengan melakukan pemecatan terhadap 5 ribu pegawainya. Tak hanya itu, pihak perusahaan pun melakukan kebijakan untuk memaksa para pekerjanya kerja lembur pada hari Sabtu.

RIM sendiri sebenarnya memiliki dua unit pesawat jet. Dengan penjualan satu unit pesawat jet tersebut, pihak perusahaan ditengarai telah menghemat tak kurang dari $2.1 juta USD biaya operasional. Tentu saja jumlah tersebut jauh dari target mereka yang diharuskan untuk melakukan efisiensi hingga $1 miliar USD. Masih kurang sangat banyak memang. Dan, tak heran jika RIM masih menganggarkan beberapa biaya dari kebijakan lain.

Meskipun begitu, penjualan aset perusahaan tersebut dinilai cukup tepat oleh salah satu konsultan dan bisnisman bernama Bill de Decker. Pria yang merupakan founder dari jasa konsultan usaha jet bernama Conklin & de Decker tersebut mengatakan bahwa penjualan aset tersebut bisa menaikkan moral para pegawai RIM. Terlebih saat ini para karyawan tersebut berada di tengah-tengah ancaman pemecatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda