Scroll to Top

Wasabi, Si Pedas dari Jepang

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Jul 2012

wasabi

Anda yang sudah pernah menyantap hidangan khas Jepang, sushi, maka pasti sudah tahu apa itu wasabi. Wasabi adalah hidangan pelengkap yang jika di Indonesia fungsinya seperti sambal.

Bedanya adalah wasabi tidak terbuat dari jenis cabai manapun, melainkan terbuat dari tanaman sejenis sayur akar lobak yang harus diparut dahulu untuk mengeluarkan rasa pedasnya.

Warnanya hijau dan bentuknya menyerupai pasta. Disarankan jika Anda baru pertama kali mencoba makan sushi dan wasabi, maka sebaiknya tak banyak-banyak mencocol sushi dengan wasabinya.

Rasa pedas wasabi tidak hanya terasa di lidah, melainkan langsung menyerang ke hidung karena uap panasnya. Hal ini menyebabkan mereka yang tak terbiasa menyantap wasabi akan merasa kesulitan bernafas atau megap-megap karena hidungnya yang terasa pedas.

Karena keunikan wasabi, ilmuwan Jepang mempergunakannya sebagai bahan untuk memperkenalkan rasa pedas pada penderita tunarungu.

Manfaat lain dari rasa pedas wasabi selain untuk teman makan sushi, juga digunakan sebagai bahan pembuat minyak pijat dan bahan kosmetik perawatan kulit.

Khasiatnya adalah melancarkan peredaran darah, membuat populasi bakteri merugikan di mulut berkurang, bahkan dipercaya mampu meningkatkan libido pria.

Tidak percaya? Silahkan Anda buktikan sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda