Scroll to Top

SNMPTN Tulis Akan Dihapus Mulai Tahun 2013

By Ika / Published on Wednesday, 11 Jul 2012

snmptn 2012

Setelah dinyatakan lulus UN, kebanyakan pelajar akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tertulis untuk bisa duduk di bangku kuliah. Namun baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menyatakan bahwa SNMPTN tulis akan dihapus mulai tahun 2013 mendatang.

Kebijakan ini diambil untuk memotivasi siswa agar lebih fokus pada UN, karena nilai UN inilah yang nantinya ikut menentukan apakah seorang siswa layak untuk masuk ke universitas yang ia inginkan.

Tak hanya itu saja, kebijakan ini diharapkan memperluas kesempatan para lulusan SMA/SMK untuk bisa masuk perguruan tinggi. Calon mahasiswa baru tidak perlu lagi melakukan ujian SNMPTN tulis dan kuota jalur undangan dari masing-masing universitas akan semakin besar.

“Tujuannya adalah integrasi pendidikan nasional. Nantinya calon mahasiswa tak perlu lagi melaksanakan dua kali ujian untuk masuk ke perguruan tinggi. Setelah lulus UN, para siswa langsung bisa dipromosikan sekolah untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan,” kata Djoko Santoso selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

Penghapusan SNMPTN ini sendiri rupanya menuai berbagai reaksi. Banyak yang setuju dengan kebijakan baru tersebut, namun tak sedikit pula yang menyayangkannya. Misalnya Prof Eko Budihardjo dari Universitas Diponegoro yang berpendapat bahwa SNMPTN masih sangat dibutuhkan.

“Kalau SNMPTN undangan hanya mengandalkan nilai rapor sekolah, ada kecenderungan muncul ketidakadilan karena standar nilai antar sekolah tidak sama,” ujarnya. “Apakah nilai yang sama bisa disetarakan antara sekolah yang berprestasi dibandingkan yang tidak? Tentunya ini tidak adil.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda