Scroll to Top

Dragon Drive, Fitur Perintah Suara di Mobil BMW Terbaru

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Jul 2012

bmw seri 7

Produksi terbaru dari mobil-mobil besutan BMW bakal diberikan fitur kendali suara untuk berkirim pesan pendek atau SMS. Pengemudi tinggal memerintahkan pada mobil dan pesan segera ditulis. Hebatnya, software yang ditanam juga secara otomatis mampu memberikan tanda baca sehingga tulisan menjadi enak untuk dibaca oleh penerima.

Fitur ini rencananya ditanamkan pada mobil BMW yang diproduksi mulai Juli 2012. Dan, ada tiga seri yang akan dibekali fitur tersebut. Yaitu, BMW seri 7, BMW seri 3 Touring, dan BMW seri 3 ActiveHybrid. Dalam pelaksanaannya, BMW menggandeng perusahaan software dari AS, Nuance, untuk menyediakan software Dragon Drive yang dipakai untuk menjalankan fitur pengiriman pesan pendek.  Software ini dipadukan dengan sistem navigasi BMW ConnectedDrive.

Sayangnya, penggunaan fitur tersebut sifatnya trial selama 60 hari. Setelah itu, pemilik mobil bisa memakainya dengan akses penuh melalui pembayaran sejumlah biaya tertentu. Besaran biaya ini belum ditentukan hingga sekarang.

Meski nantinya berbayar, fitur ini ternyata akan dirancang tidak hanya pintar untuk berkirim pesan singkat saja.  Software tersebut bisa dipakai pula untuk menelepon, mendengar, hingga membalas email. Bahkan, ke depan, akan dikembangkan agar bisa menjadi piranti untuk pemutar musik dan menjadi rekan dalam navigasi di jalanan.

“BMW seri 7 2012 akan menjadi mobil pertama yang menggunakan Dragon Drive yang akan diikuti BMW seri 3 Touring dan BMW seri 3 ActiveHybrid pada akhir tahun ini,” ungkap situs Nuance seperti ditulis Antara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda