Scroll to Top

Inilah Nama Akun yang di Banned Google Plus

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 27 Jul 2011

Jejaring sosial Google Plus tampaknya ingin memulai sesuatunya dengan awal yang bersih. Salah satunya adalah dengan melakukan blokir atau melakukan banned beberapa akun Google Plus yang dirasa tidak sesuai.

Tindakan ini dirasa cukup frontal untuk dilakukan sebuah situs jejaring sosial baru yang ingin mempertahankan citranya. Google Plus bahkan belum dibuka untuk umum. Bisa dibayangkan tenaga ekstra yang dikerahkan Google hanya untuk menyortir akun-akun tersebut, mengingat penggunanya sudah menyentuh angka 20 juta.

Apa kriterianya sehingga disebut tidak sesuai? Tidak ada standar yang jelas. Google Plus tampaknya memblokir akun penggunanya yang menggunakan nama panggilan (bukan nama asli), atau nama yang terlalu pendek, atau bahkan terlalu panjang.

Belum lagi “praduga bersalah” untuk beberapa nama akun yang mungkin mereka anggap provokatif, atau dianggap palsu.

Berikut beberapa nama akun yang di blokir oleh Google Plus seperti yang dikutip dari gawker.com:

1.       Mathew Cock (Anda mungkin bisa mengira mengapa nama ini sampai di banned) mengaku mengalami hal yang sama di akun Facebook nya dulu. Dan sampai sekarang akunnya di Google Plus masih pending untuk direview ulang.

2.       Skud (yang akhirnya dia menambahkan sebuah nama depan agar bisa masuk ke Google Plus lagi), merupakan nama panggilan untuk Kirrily “Skud” Robert, mantan pegawai Google.

3.       MuscleNerd, seorang anggota tim pengembang iPhone yang cukup terkenal (bahkan ia memiliki 230.000 lebih follower Twitter).

4.       Dan masih banyak beberapa lainnya yang tidak bisa disebut satu per satu.

Sedangkan hal yang dirasa kurang adil, masih mengutip dari gawker.com, adalah nama-nama akun berikut yang masih dipertahankan Google Plus sampai sekarang:

1.       50 Cent (padahal nama aslinya adalah Curtis James Jackson III)

2.       Lady Gaga (nama aslinya adalah Stefani Joanne Angelina Germanotta)

3.       Bean Gala, atau Mr. Bean (figur fiksi yang diperankan oleh Rowan Atkinson)

Hal ini semakin mengaburkan standar penggunaan nama yang dianggap sesuai di Google Plus. Sedangkan di Indonesia, diantara 10 situs Indonesia yang direkomendasikan untuk di Circle di Google Plus, bahkan sudah ada beberapa yang di banned dengan alasan yang tentu saja tidak jelas. Nama-nama akun tersebut antara lain:

Jika Anda mencoba mengakses akun mereka di Google Plus, Anda akan memperoleh tampilan windows dengan kalimat seperti berikut:

Nah, bagaimana dengan nama akun Anda? Apakah termasuk yang beresiko di blokir Google Plus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda