Scroll to Top

Jalan Kaki Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Diabetes

By C Novita / Published on Thursday, 12 Jul 2012

Diabetes adalah sebuah penyakit yang memiliki pengidap cukup banyak di seluruh dunia, dan masih akan terus bertambah. Bahkan, diperkirakan dengan gaya hidup masyarakat modern kini, pengidap diabetes akan mencapai 550 juta orang nanti di tahun 2030.

Penyebab penyakit diabetes memang bermacam-macam. Diantaranya adalah faktor keturunan atau genetik, konsumsi gula yang berlebihan dalam jangka waktu lama, stress, obesitas, dan gaya hidup.

Akibatnya, sel pankreas yang seharusnya memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah menjadi rusak. Ini membuat kadar gula darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Washington dan Pittsburgh mencoba menemukan jalan alternatif untuk menurunkan resiko penyakit diabetes tanpa harus mengkonsumsi obat atau berdiet terlalu ketat.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa aktifitas fisik ternyata cukup efektif untuk melawan resiko diabetes.

Dikutip dari Reuters, hasil penelitian yang telah dipublikasi dalam Jurnal Diabetes Care itu berkata;

“Aktifitas fisik sederhana berhubungan dengan tingkat resiko diabetes lebih rendah”.

Contoh dari aktifitas fisik sederhana tersebut adalah jalan kaki. Jika jalan kaki dilakukan setiap hari, maka itu sudah cukup guna melawan resiko diabetes, dibanding mereka yang tak pernah berolahraga.

Tingkat penurunan prosentase kemungkinan terjadinya diabetes itu bahkan mencapai 26%, dengan jalan kaki 5.400 sampai 7.799 langkah. Bagi pemula, disarankan untuk berjalan kaki santai 15 menit per hari. Bagi yang telah terbiasa, maka 30-45 menit per hari akan menunjang kesehatan dan menurunkan resiko diabetes lebih besar lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda