Scroll to Top

MacBook Apple tak Ramah Lingkungan?

By Baihaki / Published on Thursday, 12 Jul 2012

macbook pro 17 inci

Apple kini dinilai sebagai sebuah perusahaan yang tak ramah dengan lingkungan. Terlebih mereka baru saja menarik pendaftaran sertifikasi ramah lingkungan untuk produk elektronik dari Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT).

Akibat dari penarikan sertifikasi tersebut, produk Apple secara otomatis dilarang oleh pemerintah kota San Francisco. Pelarangan tersebut berlaku untuk pembelian oleh kantor pemerintahan. Tingkat pembelian produk Apple di San Francisco memang tidak terlalu tinggi. Pada tahun 2012, Apple hanya memperoleh pendapatan sebesar $45.579 USD dari wilayah ini. Namun, tak menutup kemungkinan aksi yang dilakukan oleh pemerintah kota San Francisco ini bakal diikuti oleh kota-kota lainnya di Amerika Serikat.

Pemerintah Amerika Serikat sendiri memiliki aturan bahwa setiap perangkat elektronik harus memiliki sertifikasi EPEAT. Namun, tak semua pembelian oleh kantor pemerintah harus memilikinya, yakni 95 persen. Sedangkan 5 persen selebihnya boleh menggunakan perangkat elektonik yang tak dilengkapi dengan sertifikasi EPEAT.

CEO EPEAT, Robert Frisbee mengatakan bahwa desain yang kini ada pada produk Apple tidak sesuai dengan standar yang diberikan oleh EPEAT. Frisbee pun mengaku kecewa dengan langkah yang dilakukan oleh Apple, padahal selama ini Apple dikenal sebagai perusahaan yang ramah terhadap lingkungan.

Berbagai spekulasi pun muncul mengenai desain yang dianggap tidak sesuai oleh EPEAT tersebut. Salah satunya adalah mengenai teknologi Retina Display. Pemakaian teknologi ini dianggap membuat laptop Apple tidak bisa didaur ulang. Hal tersebut karena baterai yang digunakan menempel pada casing alumunium komputer.

Apple sendiri dalam situsnya mengatakan bahwa produk mereka, tepatnya MacBook Pro adalah sebuah produk yang bisa didaur ulang. Hal tersebut, klaim Apple, dilakukan untuk mematuhi aturan yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda