Scroll to Top

Analis: Ultrabook Akan Jatuh, MacBook Air Berjaya

By Ditya / Published on Thursday, 12 Jul 2012

MacBook Air Zenbook

Ultrabook memang terhitung produk baru yang menghentak pasar, namun para analis pesimis bahwa platform notebook tipis besutan Intel ini akan jatuh dan pasar akan lebih memilih Apple MacBook Air.

Secara umum konsep ultrabook memang mirip dengan Apple MacBook Air yang lebih dulu hadir dan spesifikasi perangkat ultrabook sendiri juga tidak beda jauh dengan Apple MacBook Air.

Analis IDC memperkirakan bahwa ultrabook akan jatuh dan penjualannya tidak akan memenuhi target ekspektasi Intel. Sebaliknya, Apple MacBook Air saat ini terus meningkat popularitasnya.

“Volume penjualan ultrabook akan jauh dibawah dari yang diharapkan Intel. Babak pertama tahun 2012 ini, sekitar 500.000 ultrabook telah dikirim ke seluruh dunia, jauh dibawah harapan Intel,” kata Jay Chou, analis IDC.

Intel sendiri cukup percaya diri dengan platform ultrabook dan mengatakan bahwa ultrabook akan menguasai 40% pasar pengguna notebook di seluruh dunia. Ultrabook yang tipis dan ringan ini harus berhadapan dengan ‘nenek moyang’ ultrabook yaitu MacBook Air dari Apple.

Seperti yang dilansir dari CNET hari ini (12/07/2012), MacBook Air penjualannya jauh lebih baik dari pada ultrabook, pada kuartal kedua tahun ini, 2,8 juta MacBook Air telah dikirimkan ke seluruh dunia.

MacBook Air adalah salah satu produk terbaik dari bisnis Apple dan kini tumbuh dengan baik. Apple benar-benar tahu bagaimana memperbesar kekuatan mereka. PC memang dapat memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Mac, namun itu bukan kunci untuk mengalahkan Apple,” tambah Jay Chou.

Tak hanya msalah penjualan, produsen dan OEM (Original Equipment Manufacturer) ultrabook saat ini juga harus siap jika sewaktu-waktu Apple menyerang ultrabook menggunakan paten yang dimilikinya.

Pesaing AMD juga memiliki platform ultrathin yang juga merupakan pesaing ultrabook yang bisa saja memperburuk penjualan ultrabook di pasar. Intel sendiri sampai saat ini menolak berkomentar terkait penjualan ultrabook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda