Scroll to Top

Coober Pedy, Kota Bawah Tanah di Australia yang Kaya Batu Mulia

By C Novita / Published on Thursday, 12 Jul 2012

Coober Pedy

Sekilas gurun pasir di Australia Selatan dekat kota Adelaide ini tak nampak seperti kota lain yang gemerlap penuh lampu jika malam tiba. Namun jika Anda bertanya di mana letak Coober Pedy atau ‘Opal City’, maka penduduk sekitar pasti menunjuk ke gurun pasir panas tersebut.

Coober Pedy memang bukan kota yang biasa, sebab dibangun di bawah tanah. Yang banyak muncul di atas permukaan tanahnya hanya cerobong udara yang bentuknya seperti jamur di musim hujan.

Bukan tanpa alasan jika kota ini berada di bawah tanah. Coober Pedy asalnya adalah sebuah daerah pertambangan batu mulia jenis opal yang konon memasok hampir 70% batu opal di seluruh dunia. Karena banyaknya lorong-lorong dan ruangan bawah tanah yang telah ditinggalkan, maka ruangan tersebut akhirnya digunakan sebagai tempat tinggal oleh para petambang.

Alasan lain adalah, suhu udara di permukaan gurun pasir lebih tinggi jika dibanding dengan di bawah tanah, sehingga penduduk lebih nyaman bermukim di sana.

Kini, ada sekitar 3500 jiwa penduduk yang mendiami kota bawah tanah tersebut. Berbagai fasilitas umum seperti kota pada umumnya pun melengkapi Coober Pedy.

Misalnya gereja, rumah makan, hotel, pusat perbelanjaan, bahkan tempat wisata seperti kolam renang juga ada.

Tarif penginapan di kota Coober Pedy ini termasuk yang paling murah di Australia. Ada yang hanya sekitar Rp. 100 ribu saja per malam. Hal tersebut membuat kota Coober Pedy menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan jika ke Australia.

Coober pedy

Selain itu, kota ini juga menjadi tempat pembuatan film-film terkenal seperti Ghost Rider, Red Planet, dll karena keunikannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda