Scroll to Top

Jumlah Perokok Aktif Indonesia: 65,2 Juta

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Jul 2011

anti-smokingGencarnya iklan dan pemasaran rokok  mendulang “keberhasilan”. Jumlah perokok di Indonesia naik fantastis. Penikmatnya tidak lagi lelaki dewasa saja. Perokok remaja, dan wanita juga turut mendongkrak angka perokok aktif.

Tahun 1995 lalu, jumlah perokok aktif mencapai 34,7 juta orang. Sebanyak 33,8 juta perokok adalah laki-laki dan sisanya perempuan. Data dari Survey Sosial Ekonomi Nasional dan Riset Kesehatan Dasar tersebut, menunjukkan mereka adalah perokok aktif yang merokok setiap harinya.

“Namun, pada tahun 2007 angka ini meningkat drastis menjadi 60,4 juta perokok laki-laki dan 4,8 juta perokok perempuan,” kata Abdillah Hasan, peneliti Lembaga Demografi FEUI,  Jakarta, seperti dikutip AntaraNews.

Berdasarkan jenjang usia, terjadi peningkatan signifikan untuk perokok remaja. Pada survey 1995, perokok remaja hanya 7 persen. Tetapi, angka tersebut melonjak menjadi 19 persen. Ini menunjukkan keberhasilan pemasaran rokok dan masih lemahnya pemerintah dalam mencegah generasi muda dari bahaya rokok.

Rokok kretek adalah jenis rokok yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Efek rokok bagi kesehatan bersifat laten. Efeknya baru bisa dirasakan setelah 25 tahun.

Abdillah mengatakan, langkah untuk menurunkan angka perokok ini bisa ditempuh dengan empat jalan. Yaitu, menaikkan harga rokok dengan cukai tinggi, pelarangan menyeluruh terhadap iklan rokok, pencantuman gambar peringatan resiko kesehatan di bungkus rokok, dan menerapkan kawasan bebas rokok.

Selain itu, kata Abdillah, beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya angka perokok adalah tingginya pertumbuhan penduduk, tingginya pertumbuhan ekonomi, belum efektifnya kawasan bebas rokok, dan lemahnya peraturan pengendalian konsumsi rokok di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda