Scroll to Top

NASA Temukan Bulan Ke 5 Planet Pluto

By Ditya / Published on Friday, 13 Jul 2012

P5

Kemarin (11/07/2012) lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA telah mengkonfirmasi keberadaan ‘bulan’ ke 5 dari planet yang terjauh dari Matahari, Pluto.

Melalui teleskop canggih Hubble, NASA telah menkonfirmasi penemuan satelit atau bulan ke 5 yang mengorbit pada planet Pluto.

Sebelumnya, planet Pluto diketahui memiliki 4 satelit atau 4 bulan yang berputar mengelilinga yaitu Charon, Nix, Hydra dan P4. Satelit yang baru saja ditemukan ini sementara mengusung nama P5.

Para astronom NASA percaya bulan terbaru milik Pluto ini memiliki bentuk yang tidak teratur dengan ukuran diametrnya diperkirakan antara 6-15 kilometer saja, cukup kecil.

Bulan ke 5 yang disebut oleh para astronom sebagai P5 ini memiliki orbit berdiameter 58.000 mil dan P5 ini dianggap sebagai co-plannar dengan satelit lainnya di dalam sistem.

“Bulan-bulan Pluto ini membentuk serangakaian orbit rapi dan bersarang, mirip dengan boneka ala Rusia,” kata pempinan tim Mark Showalter dari SETI Institute, Mountain View, California.

Seperti yang dilansir dari TGDaily, menurut tim yang dipimpin oleh Mark Showalter, planet Pluto adalah planet kecil yang menarik sehingga memiliki koleksi satelite atau bulan yang cukup kompleks.

Penemuan bulan baru Pluto ini diharapkan dapat membantu para ilmuwan yang mendesain navigasi pesawat ruang angkasa New Horizons milik NASA yang akan melalui sistem Pluto pada tahun 2015 nanti.

Pesawat ruang angkasa New Horizons milik NASA ini akan dipersiapkan untuk melakukan penerbangan dengan kecepatan tinggi ke tujuan yang sangat jauh.

“Penemuan baru ini adalah petunjuk tambahan untuk mengungkap bagaimana sistem Pluto terbentuk dan berevolusi. Teori yang paling disukai adalah bahwa semua bulan adalah peninggalan tabrakan Pluto dengan sabuk Kuiper besar miliaran tahun lalu,” tambah Mak Showalter.

NASA saat ini sedang menjelajahi sistem Pluto melalui Hubble untuk mengungkap potensi bahaya yang mungkin mengancam pesawat ruang angkasa New Horizons.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda