Scroll to Top

Baterai Laptop Jenis Terbaru Potong Harga Hingga 30 Persen

By Baihaki / Published on Friday, 13 Jul 2012

Ultrabook fiberglass

Langkah Intel untuk membangun sebuah ultrabook dengan harga yang lebih murah, nampaknya bakal memiliki dampak yang lebih luas. Dengan mewujudkan langkah tersebut, besar kemungkinan harga laptop di pasaran akan bisa berkurang hingga 30 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Chipzilla seperti dikutip dari Softpedia.

Untuk membuat sebuah ultrabook yang lebih murah, Intel memang sengaja mempromosikan sebuah tipe baterai baru bernama prisma lithium-ion batteries (LIBs). Berdasarkan perkiraan dari Chipzilla, baterai jenis ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan baterai silindris yang saat ini banyak digunakan oleh para produsen laptop.

Selain itu, penggunaan prisma LIBs ini juga bakal mengurangi bobot dari sebuah laptop. Pihak Chipzilla mengatakan bahwa berat dari baterai ini 5 persen lebih ringan dibandingkan dengan berat baterai silindris.

Namun bukan berarti pemakaian baterai laptop jenis ini tidak memiliki permasalahan. Saat ini, baterai prisma yang ada di pasaran tidak didesain removable atau bisa dicopot. Tapi nampaknya hal ini bukanlah sebuah permasalahan yang serius. Jika banyak produsen laptop yang tertarik untuk memakai baterai jenis ini, tentunya akan ada standardisasi tersendiri yang memungkinkan baterai tersebut bisa didesain seperti baterai silindris.

Beberapa perusahaan produsen notebook terkenal pun memberikan sinyal yang positif terkait pemakaian baterai prisma tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain adalah Samsung, Panasonic serta LG. Tak menutup kemungkinan akan terdapat perusahaan lain yang mengikuti jejak ketiga perusahaan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda