Jadwal Pilkada DKI 2012 Putaran 2

Hasil Pilkada Jakarta 2012

Berdasarkan hasil quick count, belum ada pasangan yang mendapatkan 50% + 1 suara dalam putaran pertama Pilkada Jakarta. Hal ini membuat pemilihan gubernur-wakil gubernur Jakarta akan dilanjutkan ke putaran kedua. Jadwal pilkada DKI 2012 putaran 2 sedianya diselenggarakan pada pertengahan menjelang akhir September 2012.

Berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta, tidak ada satu pun pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jakarta yang memperoleh suara mayoritas (50% + 1). Pasangan dengan perolehan suara tertinggi adalah Jokowi-Ahok dengan rerata 42% suara, yang disusul oleh Foke-Nara dengan rerata 34% suara.

Dengan kenyataan ini, andai hasil hitung cepat sangat valid, kemungkinan besar hasil pemilu yang akan diumumkan KPU DKI Jakarta tidak akan jauh berbeda. Artinya, perlu diselenggarakan putaran kedua untuk memenuhi syarat keunggulan di atas 50% suara tadi, yang diatur dalam UU No. 29 Tahun 2007.

Pilkada Jakarta

KPU DKI Jakarta sendiri sudah jauh-jauh hari menjaga kemungkinan akan hal ini. Seperti pada putaran pertama, akan diselenggarakan kampanye penajaman visi dan misi dua calon yang lolos dari putaran pertama. Hal ini akan berlangsung pada 14 hingga 16 September 2012.

Selanjutnya, Jakarta akan memasuki masa tenang pada 17-19 September 2012; ketika secara teknis calon pasangan tidak berhak berkampanye lagi. Barulah pada 20 September 2012 mendatang, pemungutan suara Pilkada Jakarta putaran kedua akan berlangsung.

Jika melihat data dari quick count, hampir bisa dipastikan bahwa yang akan bertarung di putaran kedua kelak adalah pasangan Jokowi-Ahok melawan Foke-Nara.

Komentar Anda

Leave A Response