Scroll to Top

Ratusan Korban Pembobolan Server Yahoo Berasal dari Indonesia

By Baihaki / Published on Friday, 13 Jul 2012

453.000 Akun Yahoo Di-hack

Pembobolan server milik Yahoo ternyata memunculkan korban dari Indonesia. Setidaknya terdapat sekitar 400 akun email yang telah di-hack dan passwordnya diungkap ke publik dalam insiden tersebut. Hal ini diungkapkan oleh analis antivirus Vaskincom, Alfons Tanujaya.

“Menurut pantauan Vaksincom, lebih dari 475 akun Yahoo Voices berasal dari Indonesia dan informasi kredensial ini dipaparkan dengan jelas di internet,” Jelasnya seperti dilansir dari Kompas.

Dia menjelaskan, dari 475 akun tersebut, 405 akun di antaranya adalah akun email Yahoo.co.id. Selain itu, terdapat email lain dari layanan email lokal seperti CBN, Telkom.net, Plasa, Centrin, Indosat dan Radnet.

Dalam insiden pembobolan server Yahoo ini, Yahoo memang sudah mengimbau kepada para pemilik akun email untuk segera mengganti passwordnya. Namun, hal berbeda dikatakan oleh Alfons. Dia menyebut bahwa dalam peristiwa pembobolan server tersebut, kesalahan sepenuhnya terletak pada pihak Yahoo. Terutama pada sistem keamanan yang kurang bagus.

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan kepada para pemilik akun untuk tetap hati-hati dalam memakai layanan yang ada di internet. Terlebih jika terdapat layanan yang memiliki sistem satu akun untuk semua. Dengan sistem tersebut, maka jika email Anda dihack oleh seorang hacker, maka dampak sampingnya akan sangat luas.

Dan terakhir, pihaknya menyarankan agar para pengguna email memiliki sebuah akun email lain yang bisa digunakan sebagai email cadangan. Dengan adanya email cadangan tersebut, pemilik akun email bisa memanfaatkan layanan reset password.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda