Scroll to Top

100,000 Akun Gmail Terkena Imbas Insiden Yahoo Hack

By Melissa / Published on Friday, 13 Jul 2012

E-mail Hack

Tragedi hack yang menimpa lebih dari 400.000 akun Yahoo ternyata berbuntut panjang.

Dilansir dari New York Times, dari ratusan ribu akun yang bocor ternyata terdapat info login untuk akun pribadi lainnya seperti Gmail, Hotmail, MSN dan Live.com.

Perusahaan keamanan Rapid7 menemukan bahwa lebih dari 106.000 akun Gmail dan 55.000 akun Hotmail ternyata ikut bocor.

Rapid7 mengatakan bahwa informasi akun tersebut muncul bukan karena di-hack seperti Yahoo, namun karena para pengguna internet menggunakan alamat e-mail mereka sebagai user ID untuk Yahoo.

Para pemerhati internet khawatir dengan bocornya ratusan ribu alamat e-mail ini, sangat mungkin seluruh informasi akun seseorang akan berhasil di-hack karena masih banyak pengguna yang menggunakan password identik untuk beberapa akun.

Dana Lengkeek yang menjabat sebagai juru bicara Yahoo mengatakan bahwa akun-akun yang bocor tersebut berasal dari Contributor Network Yahoo dan password yang masih berlaku hanya sekitar 5%.

Chris Gaither selaku juru bicara Google mengumumkan bahwa Google segera me-reset password yang dianggap rentan akibat insiden ini.

Pelaku insiden Yahoo hack ini adalah sebuah grup hacker D33Ds Company yang mengaku telah menyelusup ke subdomain milik Yahoo dengan menggunakan union-based SQL injection, sebuah teknik yang digunakan untuk menyerang aplikasi web yang kurang mengawasi keamanan sistem mereka.

(via VentureBeat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda