Scroll to Top

Suka Pakai Earphone Bersuara Keras Bisa Munculkan Perilaku Buruk

By Ilham Choirul / Published on Friday, 13 Jul 2012

earphone

Meski mengasyikkan, mendengarkan musik menggunakan earphone dari pemutar lagu bisa membuat masalah pada perilaku pada remaja. Menurut studi dari para ahli kesehatan masyarakat di Rotterdam, Belanda, masalah yang dapat muncul seperti  menggunakan obat-obatan terlarang, narkotika, peminum alkohol, hingga suka dengan pesta-pesta yang penuh kerusakan.

Peneliti melakukan pengamatan terhadap 944 siswa dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah pada dua sekolah kejuruan di Belanda. Mereka berusia antara 15- 25 tahun, dengan  rata-rata  usia 18 tahun.

Hasil lain dari studi ini adalah, remaja tersebut enam kali lebih mungkin melakukan perilaku buruk setelah rutin mendengarkan musik melalui earphone. Dan, ketika mereka mendengarkan musik secara keras, kemungkinan mengonsumsi ganja dan sejenisnya meningkat sampai 43 persen dalam empat minggu terakhir.

Sementara itu, potensi remaja menenggak alkohol 5,94 kali lebih mungkin dalam empat minggu terakhir. Mereka juga 2,03 kali lebih mungkin tercatat melakukan seks tanpa kondom. Dan, 1,12 kali lebih mungkin untuk mejadi perokok aktif.

Peneliti melihat, orang dewasa yang memakai earphone dalam mendengarkan musik secara keras lebih bisa bertanggung jawab dalam mengatur perilakunya. Namun, hal tersebut agak berbeda kecenderungannya ketika diamati pada orang-orang yang masih remaja dan labil.

Peneliti menyarankan, sebaiknya membatasi diri dalam mengatur volume suara saat memakai earphone. Batas maksimal suara yang bisa ditoleransi berukuran 89 desibel A- karena sudah membuat sangat bising di telinga. Dan, suara bising bisa memengaruhi perilaku seseorang.

“(Suara bising) meningkatkan perasaan terisolasi, depresi, kesepian, marah, dan ketakutan,” tulis sebuah studi, seperti dikutip Times of India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda