Scroll to Top

Mengapa Orang Indonesia Sangat Gemar Main Twitter?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 13 Jul 2012

Twitter Populer di IndonesiaMenurut data dari AworldOfTweet, ada sekitar 19,5 juta rakyat Indonesia di twitterland. Pertanyaannya sekarang adalah, mengapa orang Indonesia sangat gemar main Twitter?

Memang jumlah ini masih kalah jauh dari total jumlah pengguna Facebook untuk kawasan Indonesia. Menurut SocialBakers, jumlah Facebookers negeri ini mencapai 43 juta pengguna.

Dikutip dari OkeZone, Jumat (12/07/12), Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia sekaligus Managing Director SalingSilang mengatakan, setidaknya ada tiga sebab mengapa orang Indonesia sangat getol dalam nge-tweet, nge-tweet, dan nge-tweet.

Pertama, adanya unsur kebebasan berbicara di negeri ini. Dengan kebebasan tersebut, maka masyarakat tidak terkekang lagi dengan aturan kaku dan bebas berpendapat melalui media apapun. Termasuk media sosial – Twitter.

Kedua, kemampuan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. Mereka dapat dengan mudah memeroleh perangkat untuk mengakses media sosial favorit.

Dan yang terakhir, budaya rakyat negeri ini yang gemar bersosialisasi. Akibatnya, sangat masif dan intens konten mengalir di media sosial( Twitter).

Informasi tambahan, Indonesia menjadi penyumbang terbesar pengguna dua media sosial besar dunia. Untuk Twitter, kita di posisi ke-4 dibawah Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang.

Sedangkan di Facebook, kita di posisi empat pula setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India. Sebuah ‘prestasi’ yang mengagumkan bukan?

Indonesia juga menyumbang total 12% dari seluruh tweet yang mengalir di linimasa. Dan akses informasi dari media mainstream, menggunakan pintu gerbang media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda