Scroll to Top

Media Sosial Membunuh Eksistensi Media Cetak?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 14 Jul 2012

Media SosialSemakin mengguritanya media sosial, menggerus keberadaan media cetak sebagai media konvensional yang telah digdaya. Apakah media sosial membunuh eksistensi media cetak?

Dalam Seminar Literasi Media di Jakarta, Kamis (12/07/12), pendiri Detik, Budiono Darsono berpendapat, kehadiran media sosial bukan merupakan sebuah ancaman bagi keberadaan media cetak.

Mantan wartawan Tempo ini berpendapat justru dengan maraknya media sosial bakal menjadi tantangan bagi jurnalis dan pemilik perusahaan media (konvensional).

“Kalau orang bilang media sosial ancaman bagi media mainstream, jawabannya bisa ya bisa tidak,” ujarnya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (13/07/12).

Lain lagi dengan pendapat CEO Kompas Gramedia, Agung Adi Prasetyo. Menurutnya media sosial justru menjadi ancaman serius media televisi, radio, dan media digital.

“Edisi cetak dipersepsi sebagai trusted media dan sumber informasi kredibel karena banyaknya hoax di online dan social media,” terangnya.

Patut diperhatikan jika tak jarang media sosial berisi informasi ‘sampah’ yang justru menjatuhkan media itu sendiri.

Dan media konvensional khususnya cetak menjadi media yang didaulat sebagai media penyampai kebenaran, urung merangkul media sosial.

Baik media sosial dan media cetak memiliki kelebihan masing-masing. Media cetak unggul dalam soal kredibilitas  dan kepercayaan informasi.

Media sosial menawarkan pilihan dan gaya baru bagi warga dalam menikmati arus informasi yang cepat dan seketika.

“Ini perkembangan zaman yang harus diwaspadai media mainstream, karena bagaimanapun content is the king, but distribution (media sosial) is the Kingkong,” ujar Wicaksono, salah satu pegiat media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda