Scroll to Top

Tips Mencegah Pelecehan Seksual di Tempat Tujuan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 14 Jul 2012

pelecehan

Jalan-jalan memang mengasyikkan. Namun, kalau salah situasi dan kondisi, perjalanan Anda bisa berubah menjadi menjengkelkan. Kasus pelecehan adalah salah satunya. Biasanya, pelecehan dialami oleh para wanita meski bisa terjadi pula pada pria.

Oleh karena itu, menjaga diri dari pelecehan itu penting. Jangan sampai kehormatan Anda ternodai di tempat tujuan. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar Anda tidak sampai menjadi korban pelecehan saat di lokasi tujuan perjalanan:

  • Pakailah pakaian yang sopan dan tidak memancing orang lain untuk berpikir serta berbuat jahat pada Anda. Pelajarilah adat berbusana yang ada di tempat tujuan. Bagi wanita, jauhi memakai busana terlalu seksi yang bisa memunculkan syahwat pria. Perlu diingat, perbuatan jahat akan muncul jika ada penyebab dan kesempatan.
  • Jika ada yang mencoba meraba-raba fisik Anda, segeralah berteriak atau minta tolong. Ini bertujuan agar orang di sekeliling Anda segera memperhatikan Anda dan mencegah pelaku berbuat nekat.
  • Dalam keadaan diri Anda terancam, segera hubungi pihak keamanan terdekat misalnya kantor polisi. Hal ini bisa memberikan jarak antara Anda dan pelaku kejahatan. Kadang pelaku berbuat nekat dengan mengikuti korban ke mana pun pergi sampai mendapatkan kepuasan seksualnya.
  • Anda tidak perlu menanggapi panggilan seseorang yang tidak dikenal di jalan. Apalagi, kala dia memanggil Anda tanpa ada maksud yang jelas, ada perlunya diwaspadai. Persiapkan “langkah seribu” jika ternyata memang ada maksud tidak baik dari orang tersebut, ketika Anda tidak mampu menghindari untuk tetap berhadapan dengannya.
  • Meski berjalan-jalan di tempat asing itu ada risikonya, tetaplah punya prasangka yang baik. Sebisa mungkin ramahlah pada orang yang Anda temui. Dengan begitu, mereka juga akan menganggap baik diri Anda dan segan melakukan sesuatu yang jahat. Pelajari pula sebelumnya tentang adat di daerah tersebut dalam memperlakukan tamu atau wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda