Scroll to Top

Lukisan Gustav Klimt Warnai Google Hari Ini

By Baihaki / Published on Saturday, 14 Jul 2012

Gustav Klimt

Hari ini, Google tengah memperingati 150 tahun kelahiran seorang pelukis simbolis terkenal dunia bernama Gustav Klimt. Dan, gambar yang terpajang dalam logo Google hari ini tersebut adalah sebuah lukisan karya pelukis asal Austria tersebut yang berjudul Adele Bloch-Bauer.

Bagi Anda yang tidak terlalu mengenal seorang Gustav Klimt ini mungkin akan beranggapan mengapa sebuah perusahaan besar seperti Google sampai memperingati hari lahirnya?

Klimt bersama rekan-rekannya pada 3 April 1897 mendirikan sebuah perkumpulan bernama Vienna Secession atau yang juga dikenal sebagai Union of Austrian Artist atau juga Vereinigung Bildender Künstler Österreichs. Perkumpulan ini pun menjadi salah satu wadah bagi para pelukis Austria dalam memunculkan karya seninya.

Klimt dikenal sebagai sosok pelukis yang memiliki banyak karya besar. Berbagai karya lukisannya pun saat ini terpajang di beberapa galeri lukisan terkenal dunia. Selain itu, Klimt juga banyak dianggap sebagai seorang pelukis yang cukup nyeleneh. Bahkan akibat dari sikap nyelenehnya tersebut, tak sedikit lukisan Klimt yang dibakar pada perang dunia II.

Beberapa karyanya yang terkenal antara lain adalah Adele Bloch-Bauer (1907), Judith (1901) dan The Kiss. Pada tahun 2006, lukisan Adele Bloch-Bauer miliknya dibeli oleh seorang bernama Ronald Lauder untuk ditempatkan di Neue Galerie di New York seharga $135 juta USD. Lukisan ini memang sangat unik. Klimt membuat lukisan ini dengan mencampurkan emas dalam cat minyak.

Karya-karya Klimt dianggap sebagai salah satu simbol dari adanya kebebasan berekspresi dalam dunia seni. Dan, paham tersebut pun kini mempengaruhi banyak pandangan pelukis dunia untuk tidak terpaku pada kultur tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda