Scroll to Top

Tips Perbaiki Hari yang Membosankan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 14 Jul 2012

bosan

Setiap hari terjebak dengan rutinitas yang sama seringkali membuat hidup menjadi sangat membosankan. Bangun pagi, kerja sampai sore, diakhiri dengan santai satu-dua jam di malam hari, dan dilanjutkan tidur. Begitu seterusnya hingga datangnya hari libur akhir pekan. Bahkan, akhir pekan pun kadang juga menjadi hari yang membosankan karena lebih sering diisi dengan bersantai tanpa aktivitas yang menyegarkan pikiran.

Bahayanya, kalau setiap hari Anda merasa bosan, maka dapat mengganggu kesehatan mental. Paling gampang muncul adalah perasaan stres hingga depresi. Otak memerlukan waktu untuk relaksasi untuk menemukan “kebugarannya” kembali. Selain itu, aktivitas yang cenderung monoton hanya akan membuat fungsi otak kurang maksimal. Oleh karena itu, Anda memerlukan serangkaian cara tidak mudah terjebak dengan situasi membosankan.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi rasa bosan dalam hidup:

  • Berpikir terbalik tentang sesuatu yang membosankan. Kalau sebelumnya Anda menganggap hidup Anda dengan segala rutinitasnya adalah membosankan, maka sudah waktu mengubah persepsi itu. Bosan adalah sebuah bentuk mood yang tertanam dalam otak. Kini, waktunya Anda mengubah persepsi itu secara terbalik. Jadikan semua kehidupan yang Anda jalani terasa begitu menyenangkan. Mengubah mood menjadi jalan awal untuk membuat semuanya menjadi menyenangkan.
  • Buatlah jadwal kegiatan harian Anda. Masukkan kegiatan yang wajib Anda lakukan dan aktivitas lain yang sangat Anda sukai. Kalau perlu, selipkan kegiatan yang dapat menyenangkan hati Anda.
  • Lakukan perubahan kecil dalam kehidupan. Salah satunya, jika Anda setiap malam hanya mengisi waktu dengan nonton teve, sesekali ganti dengan membaca buku kesukaan. Atau, Anda bisa mengambil rute lain saat menuju ke kantor. Berikan perbahan-perubahan kecil dalam aktivitas rutin agar tidak membosankan.
  • Sempatkan menekuni hobi yang lama terpendam. Hobi dapat meringankan pikiran Anda dari rasa tertekan menjadi segar kembali. Jalankan hobi Anda di waktu libur atau menyelipkannya di antara rutinitas.
  • Menjalankan aktivitas sosial. Barangkali yang membuat Anda bosan karena terlalu individualis dalam menjalani hari. Kurang bersosialisasi sering pula menjadi hidup kurang berwarna. Oleh karena itu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas sosial agar Anda mendapatkan banyak teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda