Scroll to Top

Hacker Rusia Berhasil Mengunduh Aplikasi Berbayar Secara Gratis dari Apple Apps Store

By Baihaki / Published on Saturday, 14 Jul 2012

zond80-in-app-hack

Apple App Store lagi-lagi menjadi sasaran para hacker. Baru-baru ini, seorang hacker Rusia yang mengaku bernama ZonD80 berhasil mengunduh sebuah aplikasi berbayar di pusat download aplikasi iPhone dan iPad tersebut secara gratis.

Hacker tersebut pun mengatakan bahwa untuk mengunduh sebuah aplikasi berbayar di Apps Store sangat mudah. Bahkan dia hanya membutuhkan tiga langkah untuk melakukannya. Sebagai bukti, diapun mengupload video yang memperlihatkan cara kerjanya dalam meretas Apple Apps Store di Youtube. Namun, tak selang berapa lama, pihak Apple meminta Google untuk menghapus video tersebut.

Tentu kejadian ini merupakan tamparan keras bagi Apple. Jika sebuah aplikasi berbayar bisa diunduh secara gratis, maka hal tersebut tentu saja merugikan para developer. Dan, jika hal ini terus berlanjut, bisa dibayangkan apa yang bakal terjadi. Akan muncul rasa tidak percaya pada para developer kepada Apple.

Apple pun sudah memberikan pernyataan terkait pembobolan situs Apple Apps Store tersebut. Mereka mengatakan bahwa sistem keamanan adalah sebuah hal yang penting bagi Apple. Tak hanya itu, sistem keamanan juga menjadi penilaian penting bagi para komunitas developer.

“Kami akan melaporkan kegiatan curang ini dengan sangat serius dan saat ini kami tengah melakukan investigasi,” ujar juru bicara Apple, Natalie Harrison seperti dikutip dari Venture Beat.

Kejadian yang memperlihatkan betapa sistem keamanan yang dimiliki oleh Apple tidak sempurna bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, terdapat sebuah aplikasi malware pencuri identitas pribadi yang nongol di Apple App Store. Nampaknya Apple pun mulai menyadari bahwa sistem keamanan yang mereka miliki tidak terlalu bagus. Dan, beberapa waktu lalu, mereka pun mencabut klaim bebas virus pada produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda