Scroll to Top

Gigi Rusak Bisa Jadi Sebab Timbulnya Penyakit Jantung

By C Novita / Published on Sunday, 15 Jul 2012

Sakit gigi

Fakta kesehatan menyebutkan bahwa seseorang dengan gigi yang sehat, biasanya memiliki ketahanan tubuh tinggi terhadap serangan penyakit. Sebaliknya, gigi yang rusak dan tak kunjung diobati, akan menyebabkan penyakit menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Apa sajakah penyakit yang bisa terjadi karena gigi rusak? Simak berikut ini;

Serangan jantung karena pembuluh darah yang mengeras. Gigi yang rusak biasanya menjadi sarang yang subur bagi bakteri merugikan. Bakteri tersebut akan menyebar tidak hanya di area mulut, namun juga ke pembuluh darah kepala dan anggota tubuh lain. Akibatnya pembuluh darah mengeras, atau pecah. Itu yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Penelitian dari British Medical Journal menyebutkan bahwa orang yang malas membersihkan dan merawat kesehatan giginya mengalami kemungkinan serangan jantung hingga 70%.

Diabetes tipe 2. Penyakit periodental atau penyakit pada gusi seseorang yang tak kunjung diobati, akan meningkatkan resiko timbulnya diabetes tipe 2 hingga 2 kali lipat. Teorinya, infeksi pada gusi yang serius dapat menjalar ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke daerah pankreas hingga mengganggu produksi insulin.

Penyakit paru/pneumonia. Journal of periodontology melaporkan bahwa penderita penyakit paru, pneumonia, bronkitis akut, ISPA, ternyata kesehatan periodental atau gusinya lebih buruk dibanding mereka yang tak menderita penyakit paru. Teorinya, bakteri penyebab penyakit gusi tersebut terbentuk di pangkal tenggorokan, hingga mudah terhirup ke saluran pernafasan. Lama-kelamaan bakteri tersebut dapat tumbuh berkembang dan mempengaruhi kesehatan paru.

Sakit pencernaan. Saat makanan dikunyah oleh gigi yang rusak serta penuh bakteri merugikan, maka otomatis bakteri akan turut tertelan ke sistem pencernaan. Ini bisa menyebabkan organ pencernaan mengalami gangguan sebab bakteri tersebut.

 

Sumber yahoohealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda