Scroll to Top

AMD Pangkas Harga Kartu Grafis

By Ditya / Published on Sunday, 15 Jul 2012

AMD Radeon HD 7990

AMD baru-baru ini memangkas harga kartu grafis Radeon kelas menengah keatas agar lebih kompetitif bersaing dengan kompetitor sekaligus bersiap meluncurkan kartu grafis kelas atas Radeon HD 7970GE (Gigahertz Edition).

Seperti yang kita tahu, kartu grafis adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengolah grafis. Masyarakat Indonesia umumnya mengnal kartu grafis dengan sebutan VGA card yang digunakan untuk mendukung performa gaming.

Produsen kartu grafis dan prosesor terkemuka, AMD telah memerintahkan para mitranya untuk memangkas harga jajaran kartu grafis Radeon dan berlaku secara global mulai hari senin besok (16/07/2012).

Pemangkasan harga ini dilakukan agar jajaran kartu grafis Radeon besutannya lebih kompetitif bersaing melawan seterunya, Nvidia dengan jajaran karu grafis GeForce-nya.

Selain itu, AMD juga bersiap meluncurkan flagship kartu grafisnya, Radeon HD7970 Ghz Edition (GE) yang dijadwalkan akan meluncur dipasaran mulai akhir Juni dan tersedia secara luas pada awal Juli.

Penurunan harga

Sebagian besar kartu grafis yang dipangkas harganya oleh AMD adalah jajaran Radeon kelas menengah keatas. Radeon HD 7970, Radeon HD 7950 dan Radeon HD 7870 dipangkas sekitar $50 dari harga semula.

Seperti yang dikutip dari Anandtech kemarin (14/07/2012), sedangkan Radeon HD 7850, Radeon HD 7770 dan Radeon HD 7750 mengalami penurunan harga antara $10-$20.

Penurunan harga ini juga terkait dengan peluncuran kartu grafis Radeon HD 7970GE yang akan menjadi rival dari kartu grafis Nvidia GeForce GTX 680.

Apa perbedaan kartu grafis Radeon 7970 biasa dengan Radeon 7970GE? Perbedaannya adalah pada kecepatan core clock-nya, seri GE (GHz Edition) biasanya memiliki core clock yang lebih cepat yaitu 1GHz atau lebih.

Meski AMD akan menurunkan harga kartu grafisnya besok, namun diperkirakan bulan Agustus penurunan harga ini baru dirasakan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda