Scroll to Top

Aneka Sambal Nusantara yang Bikin Selera Makan Bertambah

By C Novita / Published on Sunday, 15 Jul 2012

sambal

Sambal adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari racikan cabai dan beberapa tambahan bumbu lain yang membuat rasanya makin nikmat. Biasanya disantap sebagai teman makan nasi hangat serta lalapan atau rebusan aneka sayur dan lauk yang digoreng.

Uniknya, beberapa propinsi di Indonesia punya jenis sambal sendiri yang membuat kekayaan kuliner Nusantara makin beragam saja. Berikut adalah beberapa jenis sambal nusantara yang bisa Anda jadikan referensi saat berwisata kuliner.

  • Sambal lado mudo. Seperti namanya, sambal ini terbuat dari cabai yang masih muda sehingga warnanya juga hijau. Sambal ini berasal dari daerah Minang atau Padang dan dapat dengan mudah dijumpai di rumah makan padang.
  • Sambal kacang. Di ibukota, sambal kacang ini kerap dijadikan teman makan bala-bala atau bakwan dan aneka gorengan lain. Sementara di daerah lain, sambal kacang digunakan sebagai teman makan aneka sayuran rebus atau disebut juga pecel dan gado-gado. Bahannya adalah kacang tanah yang digoreng atau disangrai dengan cabai dan beberapa bumbu lain. Kemudian dihaluskan dan diberi tambahan air.
  • Sambal dabu-dabu. Ini adalah sambal khas dari daerah Manado dan kerap jadi teman makan seafood bakar. Membuatnya mudah, hanya menggunakan cabai, tomat, dan bawang merah yang diiris kecil dan diberi perasan air jeruk nipis.
  • Sambal petis. Ini adalah sambal khas masyarakat Surabaya dan Madura. Bahannya dari petis, cabai, serta bawang putih yang dihaluskan dan direbus hingga matang. Biasanya digunakan sebagai teman makan gorengan.
  • Sambal terasi. Ini adalah jenis sambal yang paling sering dijumpai di seluruh daerah nusantara. Walau pada beberapa daerah terdapat perbedaan bahan seperti pemakaian bawang merah dan gula merah, namun semua pasti menggunakan terasi sebagai penyedap yang membuat sambal ini gurih dan beraroma tajam. Nikmat sekali disantap dengan berbagai macam lauk khas Indonesia, ditambah dengan nasi hangat tentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda