Scroll to Top

Liga Spanyol: Pemain Muda Potensial Musim 2012-2013

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 16 Jul 2012

Jese Rodriguez 3

Liga Spanyol musim 2012-2013 sebentar lagi bergulir. Dengan keberhasilan Spanyol U-19 menjuarai Euro U-19 pagi ini, muncul beberapa pemain yang bersinar sepanjang turnamen. Saat ini, mereka memang belum mendapatkan posisi sebagai pemain inti di klub masing-masing. Namun, mereka tetap saja layak berlabel pemain muda potensial musim 2012-2013. Siapa sajakah pemain-pemain ini?

1. Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao)

Kepa Arrizabalaga

Ia mungkin masih berada dalam bayang-bayang Gorka Iraizoz dan Raul Fernandez-Cavada. Namun, Kepa sudah membuktikan bahwa ia layak bersaing. Ketenangannya di depan gawang menjadi modal penting bagi kiper kelahiran 1994.

2. Alejandro Grimaldo (Barcelona, bek)

Alejandro Grimaldo
Alejandro Grimaldo (merah)

Di usia 16 tahun, Grimaldo tak canggung untuk bermain bersama timnas Spanyol U-19. Tak kalah penting, musim lalu bek kiri ini sudah mencicipi nikmatnya Segunda Division bersama Barcelona B, meski hanya bermain sekali. Musim depan, dengan intensitas bermain yang lebih tinggi, bukan tidak mungkin Grimaldo yang bertinggi 176 cm menarik perhatian Tito Vilanova.

3. Oliver Torres (Atletico Madrid, gelandang)

Oliver Torres

Pemain kelahiran 10 November 1994 adalah emas dari tambang Atletico Madrid. Jika Manchester United saja tertarik untuk mendapatkan gelandang serang ini, kita bisa meraba, kualitas apa yang dimiliknya. Setelah menjalani musim 2011-12 sebagai penghangat bangku cadangan, Torres bisa belajar lebih banyak musim ini, ketika Rojiblancos harus berkompetisi serius di tiga kompetisi sekaligus.

4. Paco Alcacer (Valencia, penyerang)

Paco Alcacer

Penyerang ini tak jangkung, cuma berpostur 174 cm. Namun, mental Paco Alcacer sudah matang. Dibandingkan para pemain ‘junior’ di timnas Spanyol U-19, ia termasuk yang sudah mengecap rumput La Liga.Musim lalu, Paco Alcacer sudah tampil 3 kali bersama tim senior Valencia.

Jika melihat produktivitasnya di Valencia B, 12 gol dalam 24 penampilan, Alcacer adalah alternatif andai Roberto Soldado cedera atau kehilangan selera mencetak gol.

5. Gerard Deulofeou (Barcelona)

Gerard Deulofeu

Namanya sudah menjadi buah bibir sebelumnya. Deulofeu adalah tipikal penyerang haus gol yang siap merepotkan bek-bek lawan. Sembilan gol dicetak sepanjang musim 2011-12 bersama Barcelona B.

Sudah mendapat kesempatan bermain untuk tim senior musim lalu, namun Deulofeu tak memperoleh waktu yang cukup untuk menunjukkan kemampuan sebenarnya di hadapan Pep Guardiola. Musim baru, saatnya Deulofeu melesak di antara jejalan penyerang-penyerang El Barca yang menumpuk.

6. Jese Rodriguez (Real Madrid, sayap)

Jese Rodriguez

Produk Real Madrid yang siap ‘mengganggu’ Jose Maria Callejon dan Angel Di Maria –andai Cristiano Ronaldo memang tak tergantikan–.

Pengalamannya bisa ditingkatkan di Segunda Division awal musim ini. Sambil berharap, Jose Mourinho memberi kesempatan dalam partai-partai ‘kurang penting’ seperti babak 32 besar dan perdelapan final Copa del Rey. Cuma waktu yang akan menghalangi meledaknya JR10.

Keenam pemain di atas, bersama punggawa-punggawa Spanyol U-19 yang telah ‘sukses’ lebih dahulu di tingkat La Liga seperti Jose Campana (Sevilla) dan Juanmi Jimenez (Malaga), menjadi nama-nama yang layak diperhatikan menjelang musim baru Liga Spanyol sejak Agustus mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda