Scroll to Top

Makanan yang Memicu Timbulnya Uban

By C Novita / Published on Monday, 16 Jul 2012

makanan yang memicu uban

Uban atau rambut putih kini tak hanya dimiliki oleh orang-orang dengan usia senja, namun banyak anak muda yang telah memiliki uban di rambutnya. Ternyata penyebab timbulnya uban tersebut adalah berbagai jenis makanan yang dikonsumsi oleh mereka.

Mark Rosenberg, M.D, ahli medis yang meneliti fenomena ini mengungkap hal tersebut di situs HealthyAnswer. Penyebab uban yang tumbuh di kepala seseorang sesungguhnya terkait dengan kekurangan nutrisi tertentu yang dialami, bukan karena faktor umur semata.

Nutrisi seperti antioksidan dan magnesium membuat warna alami rambut memudar, dan membuat rambut menjadi putih. Konsumsi berlebih jenis makanan tertentu pun turut memperparah kondisi uban yang tumbuh.

Berikut adalah jenis makanan yang memicu timbulnya uban;

  • Gula/makanan dengan kandungan gula tinggi. Makanan yang berkadar gula tinggi membuat tubuh kehilangan jumlah magnesium yang cukup besar dalam proses pencernaan. Ini merugikan bagi kesehatan, sebab dapat memicu penuaan dini dan membuat rambut jadi beruban.
  • Kafein. Di satu sisi, kafein memang memiliki manfaat bagi tubuh. Namun di sisi lain konsumsi kafein berlebih juga membuat kadar magnesium dalam tubuh berkurang drastis.
  • Minuman bersoda. Selain menyebabkan obesitas karena kadar gula tinggi, soda juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang dan uban pada rambut. Minuman bersoda membuat magnesium dalam tubuh terbuang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda