Scroll to Top

Facebook Menambah Fitur Anti-Cyberbullying Untuk Remaja

By Melissa / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

Facebook Anti-cyberbullying

Facebook yang dikabarkan sangat peduli mengenai fenomena cyberbullying telah merilis fitur untuk melindungi para remaja dari tekanan cyberbullying di jejaring sosial raksasa ini.

Setelah berkonsultasi dengan para peneliti di universitas Yale dan Columbia, Facebook menambah fitur untuk melaporkan konten yang dianggap membuat para remaja merasa tidak aman.

Fitur ini terutama khusus dibuat untuk para pengguna berusia 13 – 14 tahun. Jika ada remaja yang melihat konten yang diunggah oleh teman sekolah yang menyakiti dirinya di Facebook, ia dapat meng-klik “This post is a problem“, menggantikan tombol “Report“.

Facebook akan merespon dengan menanyakan alasan mengapa konten tersebut dianggap mengganggu. Lebih jauh lagi, fitur ini menanamkan sistem ranking untuk mengukur emosi para remaja.

Jika remaja tersebut lebih merasa terganggu dibanding ketakutan, Facebook mungkin akan mengirim pesan ke teman yang mengirimnya dan mengatakan bahwa konten buatannya telah mengganggu orang lain.

Apabila remaja tersebut merasa ketakutan, Facebook mungkin akan menghubungi orangtua atau orang dewasa lain yang lebih berwenang.

Jika pada remaja itu terlihat ada kecenderungan untuk bunuh diri, Facebook akan langsung membawa mereka ke para profesional dan hotline chat khusus kasus bunuh diri milik Facebook.

Robin Stern, seorang psikoanalis asal Columbia University, mengatakan bahwa fitur ini sangat penting karena para remaja menghabiskan banyak waktu di internet dan mereka membutuhkan jejaring sosial yang mendukung mereka.

(via AllFacebook)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda