Scroll to Top

Raspbian OS, Sistem Operasi Untuk Komputer Mini Raspberry Pi

By Ditya / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

raspbian

Masih ingat dengan Raspberry Pi? Sebuah komputer mungil seharga USD $35 atau sekitar 300 ribuan ini dikabarkan akan merilis sistem operasi sendiri yang mengusung nama Raspbian OS.

Kehadiran komputer mini dengan harga murah tampaknya mulai menjadi tren, terlihat dari berbagai komputer mini yang hadir setelah Raspberry Pi diluncurkan seperti Intel NUC, ODROID-X hingga FXI Catton Candy.

Raspberry Pi adalah pionir sekaligus penggebrak pasar degan menghadirkan komputer mini dengan harga murah. Raspberry Pi sendiri hadir dengan membawa misi pendidikan dan pembelajaran pemrograman dan komputer.

Pada awal kehadirannya, pesanan terhadap komputer mungil ini begitu membludak hingga pembuatnya kewalahan, namun kini kapasitas produksi telah ditingkatkan hingga 4.000 unit perhari.

Seperti yang dikutip dari TGDaily hari ini (17/07/2012), Raspberry Pi sendiri memiliki spesifikasi yang lumayan, ditenagai oleh prosesor single-core ARM11 700MHz, slot kartu SD, port HDMI, port USB dan sebuah port Ethernet.

Meski komputer mini Raspberry Pi ini dapat menjalankan sistem operasi Linux maupun Android, namun kini hadir sistem operasi yang dirancang khusus untuk komputer mini ini dengan nama Raspbian OS.

Pencipta Raspbian OS ini mengatakan bahwa ide awal pembuatan sistem operasi Raspbian OS dimaksudkan untuk menghadirkan sistem operasi yang paling cepat dan paling optimal untuk Raspberry Pi.

Mengingat spesifikasi perangkat keras yang diusung komputer mini Raspberry Pi ini terbatas, sehingga hanya distro Linux atau Android versi tertentu saja yang dapat dijalankan. Kini Raspbian OS akan menhadirkan kinerja yang optimal untuk perangkat Raspberry Pi.

Raspbian OS sendiri merupakan sistem operasi yang dibuat berdasarkan Linux dari distribusi Debian. Anda penasaran? Berikut adalah sebuah video yang menampilkan Raspberry Pi yang telah di-overclock dan menjalankan Raspbian OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda