Scroll to Top

Performa Samsung Galaxy S3 Menurun Ketika Panas?

By Ditya / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

Samsung Galaxy SIII Laris

Kabar kurang sedap muncul dari smartphone andalan Samsung, Galaxy S3. Ponsel Samsung Galaxy S3 ini dikabarkan mengalami penurunan kinerja setelah mengalami peningkatan suhu kerja atau panas.

Setelah diberitakan meledak beberapa waktu lalu, kini smartphone andalan Samsung ini kembali mengalami masalah. Kinerja Samsung Galaxy S3 ini dikabarkan mengalami penurunan ketika suhu kerja ponsel mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

Samsung Galaxy S3 sendiri ditenagai oleh prosesor Samsung Exynos quad-core dengan kecepatan 1,4GHz dan didukung memori RAM sebesar 1GB untuk mendukung performanya.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla hari ini (17/07/2012), Smartphone Galaxy S3 akan mengalami penurunan kinerja setelah suhu kerja ponsel melebihi 40 derajat celcius, hal ini terbukti dengan hasil pengujian yang dilakukan Fudzilla.

Fudzilla membuat suhu kerja ponsel Galaxy S3 meningkat drastis dengan memainkan game berat seperti Shadowgun dan melakukan pengukuran dengan bantuan software benchmark.

Ketika suhu diatas 40 derajat celcius, Galaxy S3 menghasilkan skor 9.650 pada software benchmark AndE dan 185 pada Java Test. Ketika suhu dingin sekitar 25 derajat celcius, Galaxy S3 menghasilkan skor AndE benchmark 9.960 dan 280 pada Java test.

Fudzilla juga melakukan pengujian dengan menggunakan software CF-Bench versi 1.2 dan menghasilkan skor 23.966 pada native test, 5.266 pada Java test dan skor keseluruhan mencapai 11.724 saat suhu ponsel panas.

Saat suhu ponsel dingin, skor pengujian CF-Bench meningkat drastis dan menghasilkan angka 23.473 pada native test, 6.776 pada Java test dan skor keseluruhan 13.454, perbedaan cukup terlihat dengan skor ketika ponsel panas.

Gejala penurunan kinerja ketika ponsel panas ini ternyata tak hanya dialami oleh Samsung Galaxy S3, kompetitornya seperti HTC One X, One S dan LG Optimus 4X juga menunjukan gejala yang sama.

Ini menunjukan bahwa prosesor-prosesor smartphone tersebut mengalami penurunan kecepatan secara otomatis (throttling) ketika panas berlebih untuk mencegah overheat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda