Scroll to Top

PSSI Tak Paham Aturan Pencalonan Tuan Rumah Piala Asia U-22

By Aditya / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

PSSI

PSSI rupanya kurang memahami aturan pencalonan tuan rumah putaran final Piala Asia U-22 yang akan digelar tahun depan. Institusi pimpinan Djohar Arifin Husin ini mengira, negara yang ingin mencalonkan diri sebagai tuan rumah harus lolos dari babak kualifikasi terlebih dulu, namun ternyata tidak demikian.

AFC telah mengumumkan dua negara yang akan bersaing sebagai penyelenggara Piala Asia U-22, yaitu Oman dan Thailand. Oman memang telah lolos kualifikasi, namun tidak demikian dengan Thailand. Negeri gajah putih memang gagal lolos dari kualifikasi, tetapi Thailand tetap melaju sebagai kandidat tuan rumah Piala Asia U-22.

Dengan begitu, meskipun hanya menempati peringkat keempat di babak kualifikasi di bawah Korea Utara, Cina, dan Laos, namun Thailand masih berpeluang turut berlaga di putaran final Piala Asia U-22 apabila akhirnya terpilih sebagai tuan rumah.

Ketidakpahaman PSSI mengenai pencalonan tuan rumah putaran final Piala Asia U-22 itu diakui oleh Sekjen PSSI, Tri Goestoro, yang mengira bahwa negara yang berhak mencalonkan diri sebagai tuan rumah harus lolos dari babak kualifikasi terlebih dulu.

”Perkiraan kami untuk bisa mengikuti bidding, harus lolos dulu,” ujar Tri Goestoro di Jakarta, Senin (16/7/2012).

Namun, Tri Goestoro tampaknya tidak berharap Indonesia dapat ikut berlaga di putaran final Piala Asia U-22 karena lawan-lawan berat tentunya sudah menanti di sana.

”Tidak perlu memaksakan diri. Kita sudah tidak lolos. Kalau nanti (terpilih menjadi tuan rumah, misalnya) dan kalah, bagaimana?” tukas Tri Goestoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda