Scroll to Top

5 Alasan Tertawa itu Menyenangkan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

tertawa

“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”. Kalimat ini sering muncul dalam berbagai film zaman dahulu yang diperankan oleh trio Warkop: Dono, Kasino, dan Indro. Tertawa memang punya banyak manfaat bagi banyak orang. Mulai dari aspek kesehatan fisik hingga mental, dapat terpengaruh secara positif dengan tertawa.

Tertawa bisa menjadi obat, sekaligus jalan untuk mengakrabkan diri dengan orang lain. Termasuk, tertawa adalah salah satu umpan untuk merebut hati orang yang disukai. Sebab, tertawa bersama dapat melepaskan hormon oksitosin yang salah satunya bermanfaat memberikan getar-getar cinta dalam hati.

Dikutip dari Mindbodygreen, setidaknya ada lima alasan Anda mesti tertawa setiap hari:

  1. Tertawa bisa melepaskan semua ketegangan pikiran. Otot-otot dalam tubuh akan lemas, sehingga dapat menjadi terapi untuk mengatasi stres, cemas, hingga rasa takut.
  2. Tertawa dapat memberikan rasa nyaman seiring terlepasnya hormon endorfin. Anda pun dapat tampil lebih percaya diri setelah hormon ini terbentuk.
  3. Tertawa mengantarkan pada keakraban. Menciptakan situasi penuh tawa bahagia dalam bersosialisasi dengan msyarakat, dapat menciptakan perasaan saling melindungi.
  4. Tertawa dapat dijadikan terapi. Pasalnya, saat orang dapat tertawa lepas akan melancarkan peredaran darah, bernafas lebih dalam, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Secara emosional, selepas tertawa, orang merasa pikirannya jauh lebih jernih.
  5. Tertawa membuat seseorang lebih menarik di mata orang lain. Orang yang tertawa lepas memberikan kesejukan bagi orang lain yang melihatnya. Dan, konon, tertawa bisa menjadikan seseorang awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda