Scroll to Top

Google dan Facebook Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kecepatan Akses Internet

By Baihaki / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

Google dan Facebook baru saja menjalin kerja sama terkait peningkatan pembangunan situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu. Dalam kerja sama tersebut, Facebook akan mengadopsi protokol baru yang dikembangkan oleh Google. Dengan memakai protokol tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kecepatan akses situs Facebook.

Facebook

Kabar ini bermula dari pernyataan Manager Engineering Facebook Doug Beaver dalam sebuah milist terbuka. Dia mengungkapkan bahwa Facebook sedang berpindah ke SPDY, sebuah teknologi internet yang bakal meningkatkan kecepatan akses data internet.

Sebelumnya, Twitter juga telah mengaplikasikan teknologi tersebut dalam situsnya. Teknologi tersebut pun kini telah mereka sematkan dalam Google Chrome serta Mozilla Firefox. Teknologi ini pun sebenarnya hampir mirip dengan HTTP, namun dengan peningkatan kecepatan dan keamanan.

“Kami dari Facebook sangat antusias dengan potensi dari standar HTTP/2.0 yang akan memberikan peningkatan kecepatan dan keamanan bagi para pengguna internet,” ujar Beaver seperti dikutip dari Wired.

Penciptaan teknologi SPDY ini sebenarnya adalah untuk mengurangi load time sebuah halaman situs. Kecepatan akses yang ditimbulkan dengan penyematan teknologi SPDY ini pun cukup signifikan. Bahkan peningkatan tersebut bisa mencapai 25 persen. Dikutip dari Wikipedia, teknologi ini sebenarnya belum memiliki standardisasi. Namun, pihak Google kini tengah mengusahakan langkah tersebut.

Sebelumnya, pihak Facebook juga telah melakukan langkah lain untuk peningkatan kecepatan akses para penggunanya, yakni dengan menginvestasikan sejumlah uang untuk pembangunan kabel bawah laut yang ditujukan bagi para pengguna Facebook di kawasan Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda