Scroll to Top

Cara Membuat Air Mawar Sendiri

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

air mawar

Air mawar menjadi salah satu piihan kosmetik untuk wanita. Air suling dari bunga mawar ini dipercaya memberikan manfaat untuk menjadikan kulit wanita lebih sehat dan indah. Beberapa kegunaan air mawar adalah mencegah penuaan, menghaluskan kulit, hingga menjadi pembersih dengan zat antibakterinya.

Namun, ada kalanya air mawar dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, bagi Anda yang ingin benar-benar mendapatkan air mawar yang murni, bisa membuat sendiri. Caranya cukup mudah. Tinggal ikuti saja petunjuk berikut ini:

  1. Siapkan bunga mawar yang baru saja dipetik. Pastikan dari bunga yang tidak mendapatkan bahan kimia buatan selama tumbuh.  Petiklah 2-3 jam setelah matahari terbit agar embunnya menguap. Yang dipakai adalah kelopaknya. Jadi, petiklah seluruh kelopak bunga dan tinggalkan batang atau daunnya.
  2. Cuci bersih kelopak bunga mawar tersebut untuk menghilangkan kotoran maupun kutu yang mungkin menempel.
  3. Taruh kelopak pada panci besar untuk disuling.
  4. Isi panci dengan air secukupnya dan taruh di atas kompor dengan api cukup kecil. Tutup panci tersebut. Ini untuk mendapatkan panas yang tidak sampai mendidih kepanasan. Jangan mengisi dengan banyak air agar hasilnya tidak terlalu encer.
  5. Rebus hingga air menjadi uap dan kelopak mawar memudar warna aslinya. Di situ akan terlihat minyak bunga mawar yang mengambang di permukaan air.
  6. Setelah itu saring dan tempatnya air mawar pada wadah. Untuk penyimpanannya, air mawar bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda