Scroll to Top

Siapa Pencetus Istilah @Reply, Hashtag, Retweet, dan Follow Friday di Twitter?

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 17 Jul 2012

Istilah TwitterMungkin Anda kerap bertanya, siapa pencetus @reply, hashtag, retweet, dan follow friday di Twitter?

Jika hingga saat ini masih belum menemukan jawabannya, mungkin tulisan ini bisa membantu.

Baik @reply (mention), hashtag (tagar), retweet, dan follow friday (#FF), adalah istilah umum yang sering dijumpai di twitterland.

Mungkin untuk mengetahui tentang asal-usulnya tidak menjadi sebuah persoalan. Sebab tanpa memahami makna dan siapa pencetusnya, toh Anda tetap bisa bermain Twitter.

Namun bagi tweeps sejati, ada sebuah kekurangan tersendiri jika tak mengerti dan tahu, asal mula istilah-istilah tersebut.

@reply

Tanda “@” dalam reply yang selalu digunakan dalam membalas tweet atau mention, konon digunakan pertama kali pada November 2006 oleh pengguna yang bernama Robert Andersen. Dan ia dikenal sebagai ‘bapak @reply’.

Hashtag

Tagar atau hashtag dikabarkan bukan original besutan Twitter. Adalah Chris Messina pada Agustus 2007 yang kala itu secara tidak sengaja menambahkan tanda “#” di setiap tweet yang ia posting. Ia saat ini bekerja di Google+ sebagai user experience designer.

Retweet

Untuk retweet atau RT, masih belum diketahui siapa yang menggagasnya. Namun pada bulan Maret 2008, aktivitas retweet mulai populer kala itu. Twitter baru ‘merestui’ fitur ini pada bulan Agustus 2009 ketika tombol retweet resmi ditambahkan.

Follow Friday

Budaya Follow Friday pernah SidomiNews kupas sejarah dan manfaatnya. Namun siapa yang menggagasnya? Konon Micah Baldwin pencetusnya. Ia mencari pengguna yang laik untuk dipromosikan di Twitter pada setiap minggunya (Jumat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda