Scroll to Top

Suka Mendaki Gunung? Simak Daftar Jalur Pendakian Menarik di Asia

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 28 Jul 2011

Menikmati alam dengan melakukan pendakian menjadi kegiatan yang cukup menantang. Jalanan yang kadang curam memacu adrenalin saat melangkah. Pemandangan alam yang indah dapat menyirnakan rasa bosan. Apalagi ketika sudah mencapai puncak tujuan, itulah saat yang membahagiakan.

Kalau Anda sudah terlalu sering menjelajah jalur pendakian di dalam negeri, tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit biaya untuk menaklukkan jalur pendakian mancanegara. Dikutip dari YahooTravel, ada enam jalaur pendakian terbaik di Asia yang bisa dicoba:

pantai abel tasmania

  • Jalur Pantai Abel Tasman (Selandia Baru)

Rute yang dilalui sepanjang pesisir barat laut pulau Tasmania cenderung datar. Pemandangan yang dominan adalah laut. Tapi, Anda akan ditantang menyeberangi sungai laut dan aliran air. Nimati pula indahnya keragaman  flora dan fauna di sana. Pantainya tidak tercemar oleh sampah, sehingga cukup nyaman untuk bersantai

wilson trail hongkong

  • Wilson Trail (Hong Kong)

Di Hong Kong, jalur pendakian yang menarik bisa ditemukan di New Teritories. Di sana ada jalur Wilson Trail yang sangat digemari. Panjang jalurnya mencapai 87 kilometer, yang terbentang dari Stanley hingga Nam Chung di Semenanjung Kowloon. Pemandangan indah dari puncak bisa menetralisir kepenatan Anda seusai menjalani perjalanan panjang nan melelahkan.

tebing harimau melompat china

  • Tebing Harimau Melompat (China)

Tebing Harimau Melompat adalah salah satu tempat pendakian yang luar biasa di China.Nama jalurnya disebut High Road. Sembari mendaki, pemandangan di salah satu tebing terdalam dunia ini akan menemani perjalanan Anda. Tidak akan bosan menjelajahi jalur sepanjang 15 kilometer ini.

Jalur High Road memiliki beberapa pemberhentian akomodasi meski agak sempit. Perlu hati-hati untuk melakukan perjalanan. Karena, jalur tebing tidak aman untuk pendakian musim panas. Kadang jalur ini tidak stabil dan kurang aman.

overland track australia

  • Overland Track (Australia)

Overland Track berada di pulau Tasmania ini layak Anda kunjungi. Pemandangan Gunung Cradle  hingga danau St. Clair adalah beberpa keindahan yang bakal ditemui. Eloknya air terjun dan beberapa gunung di Tasmania terhampar di depan mata.

Panjang jalur Overland Track yaitu 65 kilometer. Jalur ini juga tepat untuk mengamati ekosistem unik di pulau ini. Sebelum menjelajah, pastikan untuk meminta izin dan menjaga lingkungan.

pegunungan pamir tajikistan

  • Pegunungan Pamir (Tajikistan)

Pegunungan Pamir termasuk jalur pendakian yang terbilang “perawan” dan menawan. Karena jalurnya termasuk daerah terpencil, pastikan piranti yang Anda bawa sudah lengkap. Anda perlu meminja izin untuk memasuki jalur ini. Gharm Chasma dan Julandee adalah awal yang bagus menjelajah.

gunung fuji jepang

  • Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji letaknya tidak jauh dari Tokyo. Sekalipun terlihat besar, namun jalur pendakiannya bisa dilakukan oleh pendaki dari berbagai jenjang usia. Cuaca yang baik bisa Anda temukan pada Juli-Agustus, saat salju mulai mencair.

Hati-hati, jalanannya masih lumayan berlumpur. Gunakan sepatu yang sesuai untuk itu.Pemandangan yang eksotis dari jalur ini adalah menikmati matahari terbit dari Gunung Fuji.

One thought on “Suka Mendaki Gunung? Simak Daftar Jalur Pendakian Menarik di Asia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda