Scroll to Top

Google+ Kalahkan Facebook Soal Kepuasan Pengguna

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Jul 2012

Google+ Facebook

Meski dari segi jumlah pengguna Google+ kalah telak dengan Facebook, namun jejaring sosial besutan Google ini telah berhasil mengalahkan Facebook dari segi kepuasan pengguna.

Sebuah indeks peringkat kepuasan pengguna terhadap layanan sosial media menempatkan jejaring sosial Google+ di urutan atas serta berhasil membukukan angka 78 dari 100 poin, skor yang sama juga diraih dengan situs ensiklopedia online, Wikipedia.

Seperti yang dikutip dari CNET kemarin (17/07/2012), Facebook hanya mampu membukukan angka 61 dari 100 poin, angka kepuasan Facebook ini menurun 7,6% dari tahun lalu yang mempu membukukan skor kepuasan pengguna 66 dari 100 poin.

Indeks peringkat kepuasan layanan sosial media yang didalamnya melibatkan situs-situs sosial media populer seperti Google+, Facebook, YouTube, Pinterest, LinkedIn dan beberapa lainnya ini dirilis oleh ACSI (American Customer Satisfaction Index).

Peringkat ini dirilis berdasarkan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing serta keluhan dari pengguna. Berdasarkan laporan tersebut, Google+ lebih unggul karena tidak memiliki iklan tradisonal seperti yang ada di Facebook, iklan ini dinilai mengganggu bagi sebagian pengguna.

score kepuasan facebook

Google+ juga dinilai memberikan pengalaman mobile serta perlindungan privasi data yang lebih baik, sebaliknya pengguna Facebook mengeluhkan masalah iklan, privasi data hingga tampilan antarmuka yang sering berubah serta fitur baru yang kontroversial, Timeline.

“Facebook dan Google+ bersaing di dua front yang kritis. Pengalaman pengguna serta penetrasi ke pasar merupakan salah satu keunggulan Google+ meski saat ini Facebook masih memenangkan peperangan,” kata Larry Freed, presiden dan CEO ForeSee.

Situs sosial media lain juga mencetak angka kepuasan pengguna yang lebih tinggi dari Facebook antara lain LinkedIn, Pinterest dan Twitter. Ketiga situs sosial media ini juga mempu mengalahkan Facebook soal kepuasan pengguna.

Tampaknya jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini harus memperbaiki diri agar lebih diterima dan memuaskan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda