Scroll to Top

Mahasiswa UNY Buat Software Wayang

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Jul 2012

Wayang-kulit

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dikabarkan sedang mengembangkan sebuah software atau perangkat lunak wayang yang berisi cerita wayang lengkap dengan penokohannya dalam rangka melestarikan budaya asli Indonesia.

Perangkat lunak atau software wayang ini dikembangkan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik Unuversitas negeri Yogyakarta. Software wayang yang dikembangkannya mengusung naman Puppet Comics Mobile.

Seperti yang dikutip dari AntaraNews hari ini (18/07/2012), aplikasi wayang Puppet Comics Mobile ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java dan dapat dijalankan di ponsel yang telah mendukung Java. Bahasa pemrograman Java sendiri memang telah populer sejak dulu untuk mengembangkan software untuk platform mobile seperti ponsel.

Perangkat lunak yang dinamakan Puppet Comics Mobile ini mengkombinasikan aplikasi Java dengan aspek budaya wayang. Aplikasi ini cukup mudah dijalankan, karena proses instalasinya cukup memasukan file instalasi ke dalam perangkat selular dan program akan terpasang dan siap dijalankan,” kata Fera Zulkarnain, Koordinator¬† Tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik Unuversitas negeri Yogyakarta.

Tim PKM Fakultas Teknik UNY yang terlibat dalam pengembangan software wayang ini antara lain Aqimi Dinana, Nafgan Fitriansah dan Fadli Rozaq.

Aplikasi Puppet Comics Mobile ini berisi cerita wayang Mahabarata dan Ramayana lengkap dengan tokoh-tokohnya, sehingga sangat bermanfaat bagi pengguna yang tertarik dengan wayang dan juga bermanfaat untuk turut serta melestarikan udaya asli Indonesia.

Menurut Fera Zulkarnain, aplikasi Puppet Comics Mobile ini sangat layak untuk terus dikembangkan mengingat apresiasi publik terhadap kehadiran aplikasi Puppet Comics Mobile ini cukup tinggi.

Dia juga menambahkan kehadiran aplikasi Puppet Comics Mobile ini tidak untuk menyaingi atau mematikan pentas wayang, karena sejatinya wayang itu tidak hanya pementasan saja, namun juga cerita dan nilai-nilai budaya yang terkandung didalamnya.

“Pelestarian wayang sangat penting dilakukan, karena merupakan budaya asli Indonesia yang penuh dengan unsur nilai kehidupan dan harus kita banggakan,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda