Scroll to Top

iPhone 5 Gunakan Teknologi Layar Baru, Lebih Tajam Dan Lebih Tipis?

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Jul 2012

iPhone 5_4

Generasi terbaru smartphone Apple atau yang sering disebut sebagai iPhone 5 ini dikabarkan menggunakan teknologi baru untuk layarnya. Teknologi baru yang diaplikasikan pada iPhone ini diklaim membuat tampilan gambar dilayar terlihat lebih tajam dan membuat ukuran layar menjadi lebih tipis, teknologi apakah ini?

Berdasarkan laporan dari Wall Street Journal (WSJ) kabarnya iPhone 5 akan memiliki layar yang sangat tipis dan lebih tajam dari iPhone generasi sebelumnya karena menggunakan teknologi baru bernama in-cell touch sensor.

Teknologi in-cell touch sensor bekerja dengan mengintegrasikan sensor sentuh kapasitif ke dalam sirkuit layar, sehingga hal ini memungkinkan desain layar yang lebih tipis dengan tampilan yang lebih tajam.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica kemarin (17/07/2012), pada teknologi layar in-cell touch sensor, display tidak lagi memerlukan lapaisan digitizer terpisah, hal ini akan mengurangi ketebalan layar hingga setengahnya.

Sebuah sumber yang diwawancarai oleh Wall Street Journal (WSJ) mengatakan bahwa pemasok peripheral untuk Apple iPhone telah memproduksi masal layar dengan teknologi in-cell touch sensor.

Perubahan semacam ini mirip dengan langkah Apple pada iPhone 4 ketika menggabungkan panel display ke lapisan digitizer dan kedua lapisan ini langsung dilindungi oleh lapisan kuat Cornong Gorilla Glass

Langkah seperti diatas membuat smartphone Apple iPhone 4 sempat menjadi smartphone tertipis di pasarang dengan tampilan layar yang tajam.

Semenjak keberhasilannya dengan iPhone 4, Apple menerapkan hal yang sama pada produk MacBook Pro Retina Display dan produsen lain pun mulai menerapkan display yang menyatu seperti yang diterapkan Apple.

Teknologi in-cell touch sensor untuk iPhone 5 ini agak berbeda dengan penyatuan display dengan lapisan digitizer pada iPhone 4, karena teknologi ini sudah tidak lagi memerlukan lapisan digitizer yang membuatnya lebih tipis dan tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda