Mozilla Firefox

Hari ini (18/07/2012) Mozilla telah merilis browser Firefox 14. Sistem rilis cepat browser Firefox ini sempat membuat jengkel penggemarnya, karena pengguna menjadi terlalu sering update tanpa perubahan signifikan yang terlihat.

Mozilla mengklaim bahwa rilis Firefox versi 14 ini membawa berbagai perbaikan dari bug atau permasalahan yang timbul di Firefox 13, meski demikian, masih ada beberapa kekurangan Firefox 13 yang belum diperbaiki.

Meski update Firefox 14 ini cukup penting untuk memperbaiki kekurangan dan masalah yang ditemukan pada Firefox 13, namun frekuensi update yang terlalu cepat inilah yang sebenarnya dinilai pengguna cukup mengganggu.

Pembaruan Firefox versi 14 ini lebih berorientasi untuk menutup celah kemananan tingkat kritikal dan tingkat sedang, sehingga bagi pengguna awam, update Firefox 14 tidak membawa perubahan yang signifikan, karena memang tidak ada perubahan signifikan pada tampilan antarmuka.

Browser besutan Mozilla ini tetap membawa beberapa fitur baru dan perubahan antara lain:

  • Penggunaan protokol HTTPS pada saat menggunakan fasilitas Google Search, hal ini meningkatkan keamanan pengguna.
  • Dukungan fitur full screen untuk Mac OS X 10.7 Lion.
  • Plugins atau pengaya tambahan dapat dikonfigurasi dan dimuat hanya dengan klik mouse.
  • Awesome Bar kini mendukung fitur autocomplete saat mengetikkan alamat suatu situs.
  • Dukungan fitur Pointer Lock API untuk pengembang.
  • API (Application Programming Interface) baru untuk mencegah display sleeping.
  • Berbagai perbaikan keamanan dan bug.

Seperti yang dikutip dari VR-Zone hari ini (18/07/2012), Firefox 14 ini belum sepenuhnya stabil karena ada beberapa permasalahan pada Firefox 13 yang belum terselesaikan, namun Firefox 14 ini dinilai jauh lebih baik dibanding Firefox 13.

Semenjak mengadopsi siklus rilis cepat ala Google Chrome, Firefox mendapat banyak tanggapan negatif dari penggemarnya namun browser besutan Mozilla ini tetap mendapatkan pangsa pasar browser cukup baik.

Anda penasaran dengan browser Firefox 14? Silahkan download Firefox 14 disini.