Scroll to Top

Sebuah Grup Anti Pembajakan Terbukti Mencuri File Musik

By Baihaki / Published on Wednesday, 18 Jul 2012

Pembajakan

Sebuah kelompok yang menyatakan dirinya sebagai komunitas anti pembajakan baru saja melakukan tindakan yang berkebalikan. Sebuah kelompok bernama Buma/Stemra adalah pelaku tindakan pembajakan tersebut.

Kejadian tersebut bermula ketika Buma/Stemra berkeinginan untuk membuat sebuah iklan anti pembajakan. Dan, untuk iklan tersebut, pihak Buma/Stemra pun mendekati seorang musisi asal Belanda bernama Melchior Rietveldt. Saat itu, pihak Buma/Stemra mengatakan bahwa iklan tersebut nantinya hanya akan ditampilkan pada sebuah acara festival film lokal.

Namun, selang setahun setelah acara tersebut, Rietveldt menemukan bahwa musik yang dibuatnya tersebut muncul dalam sebuah DVD Harry Potter. Dan, dia menengarai bahwa pihak Buma/Stemra telah menggunakan musik bikinannya tersebut tanpa sepengetahuannya. Terlebih DVD tersebut telah banyak beredar di Belanda dan negara-negara lain.

Melihat gelagat buruk tersebut, sang musisi pun menghubungi pihak Buma/Stemra. Dia pun menuntut agar pihak Buma/Stemra membayar kerugian akibat tindakan pembajakan tersebut. Tak hanya itu, Rietveldt juga meminta agar pihak perusahaan juga mengikutsertakan daftar semua DVD yang telah memakai musik buatannya. Namun, pada waktu itu, dia hanya memperoleh ganti rugi sebesar 15 ribu Euro.

Merasa tidak ada niatan baik dari pihak Buma/Stemra, Rietveldt pun membawa kasus ini ke pengadilan Amsterdam. Dan hasilnya, pihak pengadilan memutuskan untuk memberikan sanksi sebesar 20 ribu Euro kepada Buma/Stemra. Tak hanya itu, mereka juga harus membayar uang total 164.974 Euro kepada Rietveldt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda