Scroll to Top

NASA Siapkan Menu Masakan untuk Misi Mars 2030

By Baihaki / Published on Wednesday, 18 Jul 2012

menu mars

Rencana pengiriman manusia ke planet Mars oleh NASA memang masih lama, yakni tahun 2030. Namun, mereka telah menyiapkan segala sesuatunya untuk keberhasilan misi tersebut. Bahkan, baru-baru ini mereka tengah menyiapkan menu masakan untuk misi tersebut.

Menu yang dihasilkan tersebut pun memiliki kemampuan untuk menjaga enam hingga delapan astronot untuk tetap sehat dan senang. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang sulit. Membayangkan bagaimana para astronot harus hidup total dua tahun lebih di luar angkasa, 12 bulan lama perjalanan bolak-balik Bumi Mars serta 18 bulan tinggal di planet Merah adalah sebuah hal yang sangat berat.

“Mars sangat berbeda karena tempat itu sangat jauh. Kami tidak bisa mengirimkan sebuah kendaraan tiap enam bulan dan mengirim makanan seperti halnya yang kami lakukan untuk stasiun luar angkasa internasional,” ujar Maya Cooper, seorang ilmuwan yang bertugas untuk menyiapkan menu para astronot.

Astronot yang berangkat ke angkasa haruslah memiliki variasi menu yang beragam, bahkan harus terdapat 100 opsi makanan. Namun, semua bahan makanan tersebut harus dipersiapkan dan dibekukan dengan daya tahan paling tidak selama dua tahun. Perbedaan tingkat gravitasi juga bakal mempengaruhi rasa dari makanan yang disiapkan.

Selain itu, pihak NASA juga tengah mempertimbangkan untuk membangun sebuah greenhouse yang berisi berbagai macam sayuran dan ditempatkan di pesawat luar angkasa. Dan, mereka pun juga pernah mencetuskan proyek ini dengan bekerja sama yang mengikutsertakam para mahasiswa. Sedangkan opsi untuk menyiapkan menu masakan berupa daging kurang disukai oleh para peneliti. Mereka mengatakan, mengawetkan daging untuk waktu yang lama tentu cukup sulit. Selain itu, menu sayuran juga akan memberikan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Jerry Linenger yang merupakan mantan astonot yang telah menghabiskan 132 hari di stasiun luar angkasa Mir milik Rusia pada 1997 mengatakan bahwa peran makanan bagi astronot sangatlah penting. Dia mengaku bahwa makanan bisa mengubah mood seorang astronot.

“Anda hanya akan menginginkan sesuatu yang berbeda. Saya tidak peduli jika itu adalah sesuatu yang tidak akan saya makan dalam jutaan tahun di bumi. Jika itu adalah sesuatu yang berbeda, saya akan memakannya,” ujar Linenger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda