Scroll to Top

Awas! Notifikasi Email Tagging Facebook Mengandung Malware

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 18 Jul 2012

Facebook Photo Tag MalwareKembali, Facebook menjadi ‘sarang malware’. Penjahat cyber memanfaatkan notifikasi email sebagai aktivitas tagging foto di FB. Bagaimana modus malware kali ini?

Notifikasi tagging foto sendiri bisa muncul melalui dua cara: notifikasi di Facebook dan pemberitahuan melaui email.

Anda bisa men-setting-nya di menu pengaturan notifikasi bilamana tidak menginginkan pemberitahuan melalui surat elektronik.

Nah, celah inilah yang dimanfaatkan oleh penjahat cyber. Pengguna Facebook sangat antusias dan penasaran akan foto tagging.

Mereka pasti ingin tahu dan mencari tahu siapa yang men-tag mereka serta di foto apa mereka di-tag oleh teman atau kerabatnya.

Dikutip dari AllFacebook, Rabu (18/07/12), firma keamanan Sophos menemukan sejumlah kejanggalan dalam sebuah email yang sedemikian rupa dirancang menyerupa notifikasi tagging.

Coba perhatikan email notifikasi pada gambar di atas. Jika Anda melihat secara sekilas, tidak ada yang berbeda dengan notifikasi Facebook yang biasa dikirimkan kepada penggunanya.

Namun lihat dari pengirim email (from). Pada notifikasi tersebut tertulis @faceboook.com yang seharusnya @facebook.com.

Lantas bilamana saya menklik notifikasi tersebut (See Photo dan Go to Notifications)? Anda akan digiring ke sebuah website yang menyediakan skrip ‘jahat’ iFrame.

Dan dalam sekejap komputer Anda akan terinfeksi malware. Kemudian Anda akan dibawa ke laman Facebook individu secara acak (random) yang tak ada hubungannya dengan penipuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda