Scroll to Top

Hari Pertama Awal Puasa Ramadhan 2012

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 19 Jul 2012

Ramadhan

Hari pertama awal Puasa Ramadhan 2012 sebentar lagi tiba. Umat Islam di belahan dunia mana pun tentu menanti kehadiran bulan yang penuh barokah ini.

Ramadhan adalah bulan ujian bagi umat Islam. Kala bulan ini tiba, seorang muslim yang mungkin dalam setahun ini sedikit bersenang dengan kenikmatan duniawi, diminta untuk mengekang hawa nafsunya.

Tak hanya masalah menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan hasrat-hasrat buruk, keakuan, dan sifat-sifat negatif yang barangkali masih melekat dalam diri. Insya Allah, dengan tempaan penuh selama sebulan, pada akhirnya kita menjadi pribadi yang lebih bersih, lebih bersyukur atas segala yang menimpa, dan lebih bersetia kepada Allah.

Berkaitan dengan hari pertama awal puasa Ramadhan 2012, Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab, sudah menentukan bahwa hari pertama Ramadhan jatuh pada Jumat, 20 Juli 2012. Dengan demikian, Kamis malam ini adalah tarawih pertama bagi jamaah Muhammadiyah.

Sementara itu, pemerintah memutuskan bahwa hari pertama puasa Ramadhan 1433 H jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Penentuan awal puasa ini ditentukan dalam sidang isbat, yang dilaksanakan pada Kamis malam, 19 Juli 2012.

Sidang isbat sendiri dihadiri beberapa organisasi Islam, seperti Nahdlatul Ulama (NU), PP Persis (Persatuan Islam), FPI, dan jamaah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda