Scroll to Top

Mahasiswa PENS Berhasil Buat Mesin Pendeteksi Uang Palsu

By Ditya / Published on Thursday, 19 Jul 2012

pendeteksi uang palsu

Setelah kemarin mahasiswa UNY berhasil membuat software wayang, kini giliran mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau PENS menunjukan kebolehannya melalui keberhasilannya menciptakan mesin pendeteksi uang palsu.

Berbeda dengan mesin pendeteksi uang palsu kebanyakan yang mendeteksi nominal diatas 20.000, mesin pendeteksi karya Andy Vebby Setiawan ini mampu mendeteksi uang kertas palsu nominal kecil, 2.000 dan 5.000.

Mesin rancangan mahasiswa tingkat akhir D4 jurasan Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini mendeteksi uang palsu berdasarkan benang pengaman dan hologram.

“Masing-masing pecahan uang kertas itu memiliki tanda hologram yang berbeda sehingga asli-palsunya dapat dideteksi melalui vending machine,” katanya saat Final Project Competition (FPC) 2012 di kampus setempat, Rabu.

Cara kerja mesin buatan mahasiswa PENS ini cukup sederhana, cukup masukan uang kertas kedalam vending machine yang akan mendeteksi apakah uang tersebut asli atau palsu, kemudian buka penutupnya untuk mengambil uang yang diperiksa.

“Ke depan, saya akan menyempurnakan dengan sistem mekanik vending machine, sebab pengambilan uangnya sekarang masih secara manual dengan membuka tutup mesin,” kata Andy Vebby Setiawan, mahasiswa yeng membuat mesin pendeteksi uang palsu.

Seperti yang dikutip dari Antara News hari ini (19/07/2012), mesin pendeteksi uang palsu tadi adalah salah satu karya mahasiswa yang mengikuti kompetisi Final Project Competition (FPC) 2012 yang diikuti 187 peserta dari berbagai jurusan.

Selain mesin pendeteksi uang palsu, juga terdapat karya-karya mahasiswa lain yang tak kalah hebat seperti alat batu huruf hijaiyah dan braile, alat perekam suara paru-paru hingga aplikasi game yang mirip dengan Shaun The Sheep dan Angry Birds.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda