Scroll to Top

Di Malaysia, Main Hp Saat Mengemudi Kena Denda 890 Ribu!

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 19 Jul 2012

Di Malaysia, Main Hp Saat Mengemudi Bisa Ditilang!Suka main hp saat mengemudi? Well, alangkah bijaknya mulai dikurangi kebiasaan ‘buruk’ tersebut. Di Malaysia, pengemudi yang kedapatan menggunakan ponsel saat nyetir bisa kena tilang!

Kecelakaan lalu lintas didominasi oleh faktor kesalahan manusia atau human error. Dengan demikian, pihak kemanan lalu-lintas harus meminimalisir ‘kesalahan’ tersebut.

Lantas ‘kesalahan manusia’ apakah yang termasuk dalam human error ini? Menurut Departemen Transportasi Darat (DPJ) Malaysia, penggunaan telepon genggam termasuk diantaranya.

Patut diingat, penggunaan ponsel saat ini tidak didominasi oleh aktivitas murni ponsel: SMS dan telepon. Berjejaring sosial kini marak menggunakan perangkat mobile.

Tidak sedikit pengguna jalan di Malaysia yang mengemudi sembari bermain-main dengan ponselnya. Dan aktivitas ini diyakini DPJ sangat riskan dan masif menyebabkan kecelakaan lalu-lintas.

“Mengunggah status di Facebook atau Twitter sambil berkendara menjadi tren baru di kalangan pengemudi, khususnya menyangkut situasi lalu-lintas,” ungkap Mohd Faud Abdul Latiff, Federal Traffic deputy Chief Asst Comm DPJ Malaysia.

Ia menambahkan, warga Malaysia kadang tidak sadar jika aktivitas mereka bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Lantas bilamana pengemudi melanggar peraturan ini tatkala mengemudi, berapa denda tilang yang bakal dikenakan kepada mereka?

Well, cukup besar. Anda harus membayar 600 ringgit atau sekitar Rp 890 ribu. Nominal yang cukup besar bukan untuk sebuah pelanggaran ‘sepele’.

“Menghubungkan ke jaringan sosial atau meng-upload foto melalui telepon genggam setidaknya membutuhkan perhatian pengemudi untuk beberapa detik, dan kecelakaan dapat terjadi kurang dari satu detik,” beber Wong Shaw Voon, Direktur Jenderal Malaysia Institute of Road Safety Research (Miros).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda