Scroll to Top

YouTube Tambah Tool Untuk Membuat Blur Wajah

By Ditya / Published on Thursday, 19 Jul 2012

Youtube Face Blur

Situs video sharing populer besutan Google, YouTube, telah meluncurkan face blur tool yang berfungsi untuk mengaburkan wajah atau bagian lain pada video yang diunggah disitusnya.

Fitur seperti ini mirip sebuah sensor yang biasa diterapkan televisi untuk melakukan sensor korban kecelakaan dan pelakuk kriminal, atau juga sering digunakan untuk melakukan sensor pada film porno.

“Apakah Anda ingin berbagi rekaman protes sensitif tanpa mengekspos wajah para aktivis yang terlibat? Atau berbagi kemenangan basket yang diraih ketika umur 8 tahun tanpa penyiaran wajah anak-anak ke dunia, teknologi face blurring kami adalah langkah pertama menuju menyediakan anonimitas visual untuk video di YouTube, ” kata YouTube pada posting blognya.

Tujuan utama Youtube menyediakan tool untuk mengaburkan wajah dengan face blur tool ini adalah untuk menjaga anonimitas pengguna atau orang yang terlibat dalam video yang diunggah ke YouTube.

YouTube juga mengatakan bahwa saat ini fasilitas face blur ini masih belum sempurna dan kadang menampilkan wajah yang tidak di blur karena teknologi ini masih terus dikembangkan lebih lanjut oleh YouTube.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica hari ini (19/07/2012), dari hasil uji coba terhadap sebuah video rekaman TV swasta, menunjukan terdapat beberapa spot atau titik dimana wajah yang seharusnya kabur terlihat jelas pada saat-saat tertentu.

“Kami menggunakan algoritma yang memindai video dan mendeteksi bagian wajah seperti mata. Dari situ tool ini akan mengaburkan wajah yang terdeteksi dengan menambahkan noise dan pixelation ke fitur terdeteksi,” tulis Jessica Mason, juru bicara YouTube.

Jessica Mason juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini tidak dapat membuat alat tool yang dapat mengembalikan wajah yang di blur kembali menjadi jelas, karena hal tersebut sulit dilakukan.

Kehadiran fitur face blur tool di YouTube ini dinilai terlambat, namun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda