Scroll to Top

Orang Tua dan Manula Menggunakan Twitter untuk Mengurangi Depresi

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 19 Jul 2012

Orang Tua Manula TwitteranTweeps atau pengguna Twitter tidak mengenal batas. Tua dan muda bebas berkicau di linimasa. Namun tahukah Anda para orang tua dan manula menggunakan Twitter untuk mengurangi depresi mereka?

Universitas Alabama mensurvei sekitar 8.000 laki-laki dan perempuan yang berusia 50 tahun ke atas mengenai kebiasaan dan budaya akses internet mereka.

Mereka para responden diberikan pelbagai tes dan pertanyaan. Sebut saja bagaimana penggunaan internet dan kebiasaan dalam berjejaring sosial (Twitter).

Kemudian para lansia dan orang tua ini kemudian diuji akan mental serta tingkat depresi mereka. Nah, dari tes ini kemudian diketemukan data yang menarik.

Pada penelitian sebelumnya, diketahui jika tingkat depresi di usia lanjut terjadi pada umur 45 tahun ke atas dan akan semakin meningkat senada dengan bertambahnya usia.

Dan pada usis 85 tahun, tingkat depresi mulai aktif dan memangaruhi hingga 13%. Namun dari survei Universitas Alabama, tingkat depresi ini bisa dikurangi menggunakan internet.

Secara khusus, studi ini mengungkapkan jika mereka yang berusia 50 tahun ke atas dan menggunakan Twitter serta Facebook, dapat mengurangi tingkat depresinya hingga 33%.

Angka ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan internet maupun jejaring sosial di usia tersebut.

Studi terbaru ini mendukung studi sebelumnya dari Pew. Kala itu data menunjukkan jika 13% orang Amerika Serikat (AS) berusia 50 tahun ke atas menggunakan Twitter.

Dan data lain masih dari Pew, lebih dari setengah orang AS atau sekitar 53% berusia di atas 65 tahun menggunakan internet secara teratur.

Apakah Anda masih tetap menggunakan internet umumnya dan Twitter khususnya di hari tua nanti? Tulis di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda