Scroll to Top

Navicula, Band Asal Bali Sukses Kumpulkan Dana Lewat Kickstarter

By Baihaki / Published on Thursday, 19 Jul 2012

navicula

Sebuah grup band musik asal Bali, Navicula sukses mengumpulkan dana yang digunakan untuk tour musik ke Kalimantan dari internet. Band yang mengusung tema-tema lingkungan tersebut berhasil mendapatkan dana dari situs crowd funding Kickstarter dan Patungan.

Dari kedua situs crowd funding tersebut, band ini memperoleh dana sebesar $3.127 USD dari Kickstarter dan Rp.5.310.000 dari situs Patungan. Jumlah tersebut jauh dari perkiraan awal mereka, yang mematok angka $3.000 USD di Kickstarter dan Rp.5.000.000 di Patungan. Dan, tak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan terus bertambah karena proyek ini akan mereka tutup hingga tanggal 29 Juli 2012.

Para penyumbang proyek bertajuk Navicula Borneo Tour tersebut pun berasal dari dalam dan luar negeri. Untuk di situs Patungan, hingga berita ini dituliskan, telah terdapat 19 orang donatur yang telah menyumbangkan uang pribadinya. Sementara itu, di situs Kickstarter, terdapat 42 orang yang telah menyumbangkan uangnya untuk penyelenggaraan tour Navicula itu.

Beberapa judul lagu milik grup band ini memang mencerminkan tema yang mengajak para pendengarnya untuk ramah lingkungan. Di antaranya adalah Kali Mati, Metropolutan, Pantai Mimpi, Over Konsumsi dan Harimau! Harimau!. Selain itu, mereka baru saja merilis sebuah single baru berjudul Orangutan yang akan mereka rilis di Amerika Serikat.

Keberhasilan Navicula dalam proyek crowd funding tersebut membuktikan bahwa betapa tingginya peran internet dalam zaman sekarang. Internet tidak hanya bisa digunakan sebagai mata pencaharian. Internet juga tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana untuk menjadi artis, seperti yang terjadi pada beberapa artis YouTube. Internet juga bisa digunakan sebagai sarana amal, seperti yang dilakukan oleh Navicula ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda